≡ Menu

Begini Cara Mengubah Alamat IP Publik WiFi Indihome

Pastinya terdapat alasan mengapa suatu pengguna ingin mengubah alamat IP publik yang digunakan sekarang. Pada dasarnya alamat IP tersebut merupakan identitas yang digunakan saat online di internet, sehingga siapa saja yang mengetahui IP yang kamu gunakan, memungkinkan dia mengetahui lokasi terdekat kamu berada.

Tapi untuk saat ini sudah banyak sekali layanan untuk menyembunyikan alamat IP, salah satu yang termudah adalah menggunakan VPN. Namun selain untuk melindungi diri, sebenarnya dengan mengubah alamat IP pun bisa digunakan untuk hal-hal lainnya.

Contohnya seperti untuk melewati gambar captcha dengan cepat, mendapatkan koneksi yang cepat, dan lain sebagainya. Jadi sebagai misalnya kamu mengalami masalah dimana gambar captcha sangat ribet (mengulang terus-menerus), maka cobalah untuk mengubah alamat IP yang dipakai saat ini.

Tutorial Mengubah Alamat IP Publik Indihome

Untuk mengubah alamat IP di WiFi Indihome, sebenarnya yang perlu kamu lakukan adalah me-restart router saja. Itu bisa dilakukan melalui halaman admin atau langsung dari routernya. Tapi yang paling efektif adalah melalui halaman admin, karena tidak perlu bolak balik ke router lagi.

Sebelum me-restart, saya sarankan untuk mengecek alamat IP saat ini terlebih dahulu. Sehingga nantinya kamu bisa melihat perbedaan antara IP yang baru didapatkan. Untuk mengecek IP saat ini, silakan ketik di Google dengan kata kunci “whats my ip“.

Dan berikut ini cara untuk me-restart router Indihome untuk mengubah alamat IP:

  1. Buka halaman admin (192.168.1.1).
  2. Setelah itu klik pada menu Administration.

    Klik Menu Administration

  3. Selanjutnya klik menu System Management.

    Klik Menu System Management

  4. Sekarang klik pada tombol Reboot.

    Memulai Ulang Router Indihome untuk Mengubah Alamat IP

  5. Tunggu proses memulai ulang sampai 100%.

Apabila proses memulai ulang sudah selesai, silakan cek alamat IP yang kamu gunakan sekarang, pastinya itu sudah berubah. Namun apabila masih belum berubah, silakan coba restart manual dari routernya dan cek kembali alamat IP setelah itu.

Baca juga: Cara Membatasi Maksimal Pengguna WiFi Indihome

Kesimpulan

Langkah mudah untuk mengubah alamat IP adalah langsung memulai ulang modem atau router WiFi tersebut. Dengan memulai ulang takkan mengubah setelan pada WiFi, jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Berbeda dengan jaringan 4G yang alamat IPnya dapat berganti-ganti otomatis setiap waktu, justru pada WiFi Indihome pengguna harus me-restart router terlebih dahulu supaya alamat IPnya berubah dari sebelumnya.

Pada beberapa kasus, mengubah alamat IP juga dapat membuat koneksi internet lebih stabil dari sebelumnya. Dan sebagai saran jangan berikan alamat IP yang kamu gunakan kepada orang lain, karena apabila suatu alamat IP diserang dengan program jahat, pastinya itu akan mempengaruhi akses internet.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap