4 Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci di Android

4 Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci di Android

Kadang pengguna tidak sengaja mengaktifkan suatu fitur di ponselnya yang menyebabkan suatu aplikasi menjadi terkunci. Sehingga kapanpun ingin membuka aplikasi tersebut, pengguna harus menuliskan pola atau sandi terlebih dahulu.

Atau barangkali kamu lupa terhadap sandi yang diatur untuk membuka aplikasi tersebut, karena sebelumnya memasang sebuah aplikasi pengunci aplikasi. Tapi disini kamu tak usah khawatir, karena akan saya bagikan cara mudah untuk membuka aplikasi tersebut.

Melindungi ponsel kini bisa dilakukan dengan cara ganda, jadi tak hanya layar kunci saja yang kadang dilindungi dengan PIN/POLA, tapi bahkan aplikasi yang terbilang penting pun bisa dilindungi. Dan yang perlu kamu lakukan sebenarnya adalah mematikan fitur pengunci aplikasi tersebut.

1. Mematikan Fitur Kunci Aplikasi di Ponsel

Cek pada pengaturan, apakah ponsel kamu memiliki fitur untuk mengunci aplikasi. Kamu dapat memanfaatkan fitur pencarian di pengaturan dan mengetik “kunci aplikasi“. Nantinya apabila fiturnya tampil, kamu bisa langsung menonaktifkannya.

2. Menghapus Aplikasi Pengunci Aplikasi

Saat initersedia banyak sekali aplikasi untuk mengunci aplikasi. Bahkan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master pun juga memiliki fitur ini. Tapi setelah aplikasi ini dihapus, pastinya itu tidak akan berfungsi lagi.

Jadi silakan cek pada Pengaturan Aplikasi, kemudian cari satu-per-satu aplikasi yang memiliki potensi untuk mengunci aplikasi. Silakan di-uninstall langsung.

Cara lainnya adalah cukup memaksa berhenti proses dari aplikasi pengunci aplikasi tersebut. Jadi pada pengaturan aplikasi, biasanya terdapat tombol “Paksa Berhenti” silakan untuk diketuk. Dan kemudian cobalah untuk membuka aplikasi yang terkunci kembali.

3. Menggunakan Launcher Lain

Ada kalanya fitur pengunci aplikasi ini hadir langsung dari launcher yang sedang digunakan. Untuk hal ini, kamu hanya perlu mencoba menggunakan launcher lain yang dapat diunduh pada Play Store.

Ada banyak sekali launcher yang dapat kamu coba, salah satunya adalah Google Now Launcher. Jadi setelah launcher diganti, pastinya fitur pengunci aplikasi dari launcher sebelumnya tidak akan berfungsi lagi.

Jika kamu tidak memiliki niat untuk mengubah launcher, kamu juga bisa kok menonaktifkan fitur pengunci aplikasi ini dari dalam pengaturan launcher tersebut. Silakan dicari disana, biasanya itu bernama “Lock Apps“.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Layar Kunci Dinamis di HP Samsung

4. Me-Reset Ponsel Secara Penuh

Cara terakhir adalah mereset ponsel atau mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Tentunya cara ini akan berhasil untuk menonaktifkan fitur kunci aplikasi tersebut dan membuat ponsel seolah menjadi seperti baru lagi.

Pastikan sebelumnya kamu telah mencadangkan terlebih dahulu data-data yang dirasa penting. Sebab mereset ponsel secara penuh akan membuat data internal terhapus, itu termasuk penyimpanan internal seperti file gambar, video, nomor kontak, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengikuti artikel “Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya” supaya tidak sampai kehilangan data yang penting

Sementara itu untuk cara mereset ponselnya, silakan menuju Pengaturan > Cadangan & Reset > Reset Data Pabrik dan ikuti intruksi yang ditampilkan pada layar.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuka aplikasi yang terkunci di ponsel Android. Ada baiknya untuk melakukan langkah 1 sampai 3 terlebih dahulu, dan jika itu tidak membantu, silakan gunakan langkah ke-4.

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai beberapa cara diatas? Atau mungkin memiliki cara tambahan? Silakan tuliskan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.