Cara Menyimpan Halaman Website Sebagai Gambar

Ada beberapa cara untuk membuat halaman website menjadi sebuah gambar. Rata-rata seseorang menggunakan fitur print yang ada di browser, Sehingga halaman website tersebut dapat langsung tercetak atau terbagi pada beberapa kertas.

Tapi selain mencetaknya, ada cara yang lebih mudah dan juga praktis, dimana kamu tidak perlu untuk membuat halaman itu menjadi gambar kertas, melainkan menjadi satu file gambar yang berisi konten halaman website tersebut.

Jadi file gambar itu bisa kamu bagi ke ponsel lain tanpa harus menjadikannya kertas terlebih dahulu. Selain itu, hasilnya tidak terbagi pada banyak file, melainkan hanya satu saja. Dan disini akan saya bagikan tata caranya.

2 Cara Menyimpan Halaman Web Sebagai Gambar

Jadi ada dua cara yang terbilang mudah untuk menyimpan suatu halaman web menjadi satu file gambar. Pastinya gambar yang dihasilkan akan panjang, namun kamu masih dapat membaca isi kontennya dengan cara memperbesar gambar tersebut.

1. Menggunakan Fitur Snapshot di Browser

Semua browser di PC saat ini memiliki fitur untuk mengabadikan halaman website sebagai gambar. fitur snapshot atau screenshot ini dapat kamu temukan pada ikon berbentuk kamera pada bagian atas dekat kolom address bar.

Baik di Firefox, Chrome, dan Opera memiliki fitur snapshot ini. Dan cara penggunananya pun mudah, kamu hanya perlu mengunjungi suatu website, kemudian klik pada fitur snapshot, dan pilih opsi Capture Full Page.

Fitur Snapshot di Browser

Nantinya browser akan membuatkan satu file gambar berisi halaman web tersebut secara penuh. Kamu dapat menemukannya dihalaman download.

Walaupun di PC telah memiliki fitur untuk screenshot/snapshot, namun itu tidak bisa digunakan untuk megambil satu halaman penuh pada website. Jadi dengan memakai fitur snapshot yang ada di browser, kamu bisa mengambil seluruh isi konten dari atas sampai bawah tanpa ada yang kurang.

2. Memakai Layanan Web Capture

Terdapat layanan yang khusus untuk mengambil tangkapan layar pada suatu website. Jadi yang perlu kamu siapkan hanyalah URL halaman website tujuan, dan setelah itu menunggu sampai kamu mendapatkan gambaran screenshot website tersebut secara keseluruhan.

Bahkan cara ini juga bisa diterapkan pada ponsel. Dan berikut ini cara melakukannya:

  1. Buka website Web Capture.
  2. Masukkan URL halaman website pada kolom yang disediakan.

    Memasukkan URL Halaman Website Tujuan

  3. Lalu klik tombol Capture web page.
  4. Tunggu beberapa saat sampai sistem mengambil gambaran dari website.
  5. Setelah itu hasil gambar akan dimunculkan, dan siap untuk di-download.

    Menyimpan Halaman Website Menjadi Gambar

Menggunakan cara ini lebih cepat diterapkan dan hasilnya pun juga bagus. Isi konten yang terdapat pada halaman juga bisa dibaca dengan jelas pada saat di-zoom. Dan bahkan diluar sana juga masih banyak situs web yang menyediakan layanan yang serupa, salah satunya Page2Images.


Baca juga: Trik Mengisi Formulir Secara Otomatis di Suatu Website

Sebenarnya selain dua cara diatas juga masih ada cara lainnya, seperti memakai suatu program, aplikasi, atau ekstensi yang mampu mengambil gambaran layar melalui halaman web dari atas sampai bawah. Tapi saya rasa itu terlalu ribet dan cara diatas jauh lebih mudah dan praktis.

Jika kamu menggunakan perangkat ponsel, maka saya sarankan untuk memakai cara ke-2. Selain instant, hasil yang disediakan juga sangat baik. Dan apabila kamu memiliki pertanyaan atau cara lain yang tergolong mudah untuk menyimpan website menjadi gambar, langsung saja tuliskan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.