Solusi TWRP Tidak Bisa Mount Penyimpanan

Solusi TWRP Tidak Bisa Mount Penyimpanan

Ada banyak sekali kelebihan pada TWRP dibanding recovery normal yang disediakan langsung dari bawaan ponsel, biasanya recovery tersebut dipasang oleh pengguna yang sehabis melakukan rooting terhadap ponselnya untuk mendapatkan fitur lebih.

Salah satu kelebihannya adalah pengoperasiannya yang tidak menggunakan tombol volume dan power, melainkan touchscreen. Jadi menjangkau segala menu dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Akan tetapi adapula masalah yang kadang muncul pada sebagian ponsel, dimana TWRP tak dapat melakukan mount penyimpanan.

Jika TWRP tak dapat melakukan mounting terhadap file, tentunya berbagai hal seperti mereset ponsel, menginstall aplikasi flashable ZIP, dan lain-lain akan selalu gagal. Dan hal ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal, sementara itu tulisan ini akan membagikan beberapa solusi untuk mengatasinya.

Mengatasi TWRP Tidak Bisa Mounting File

Ketika TWRP tidak dapat melakukan mounting file, pastinya seluruh penyimpanan tidak akan tampil kapasitasnya, alias hanya muncul 0MB saja. Selain itu, ketika kamu hendak melakukan wipe data pun juga akan muncul pesan error “Failed to mount“.

Disini akan saya bagikan beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut, silakan untuk melakukannya mulai dari yang pertama.

1. Hilangkan Pola Layar Kunci

Banyak pengguna yang mengalami masalah ini dikarenakan sedang menggunakan pola layar kunci. Untuk saat ini TWRP tak dapat men-decrypt pola, dan hanya bisa PIN dan password saja. Untuk itu, silakan ubah jenis keamanan dari pola ke PIN atau lebih baik lagi untuk menghilangkan segala layar kunci ke mode geser.

Tak ada masalah untuk menggunakan PIN, karena nantinya TWRP akan menanyakan PIN tersebut supaya bisa melakukan mounting file. Tetapi jika sudah melakukan hal ini masih tidak membuahkan hasil, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

2. Hapus Enkripsi Perangkat

Masalah pada enkripsi terhadap ponsel juga bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Walau memang benar bahwa meng-enkripsi ponsel melalui pengaturan dapat mengamankan data dengan baik, akan tetapi hal tersebut mengakibatkan TWRP tak dapat menjangkau data tersebut.

Jadi apabila sebelumnya kamu pernah melakukan enkripsi terhadap ponsel, baik itu di kartu memori sekalipun, silakan untuk dihapus terlebih dahulu. Sebab, meng-enkripsi akan mengunci partsisi tertentu supaya tidak bisa langsung diakses tanpa memberikan kredensial yang benar.

Di ponsel Android, melakukan enkripsi atau menghapusnya dapat dilakukan melalui Pengaturan > Keamanan > Enkripsi.

Baca juga: Keunggulan TWRP dibanding CWM pada Android

3. Memperbaiki Melalui TWRP

Ini merupakan cara terakhir yang terbilang ampuh untuk sebagian ponsel. Pada dasarnya TWRP telah memiliki fitur untuk memperbaiki penyimpanan yang di-enkripsi, tapi ini hanya bisa diterapkan pada sebagian ponsel saja, dan tentunya aman untuk dilakukan.

Sebelum melakukan cara ini, saya sangat menyarankan untuk melakukan backup penuh terhadap data penting yang ada di ponsel, khususnya di memori penyimpanan internal maupun eksternal.

Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Reboot ponsel dan masuk ke TWRP.
  2. Menuju menu Wipe > Advanced Wipe.
  3. Beri centang pada Data.
  4. Setelah itu ketuk pada tombol Repair or Change File System.
  5. Ketuk opsi Repair File System, dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi, jika belum silakan lanjutkan.
  6. Ketuk Change File System dan pilih Ext2 dan geser untuk melanjutkan.
  7. Setelah itu kembalikan ke Ext4 dan geser untuk melanjutkan.
  8. Sekarang kembali ke menu utama TWRP dan cek pada menu Mount dan lihat hasilnya.

Dari ketiga cara diatas dapat disimpulkan bahwa masalah ini rata-rata disebabkan karena adanya enkripsi sehingga TWRP tak dapat membaca file dengan baik. Dan tentunya masalah ini 100% dapat diatasi langsung dengan cara melakukan flashing ponsel dan kemudian memasang TWRP kembali. Setidaknya itu merupakan cara terakhir apabila ketiga diatas masih tidak berhasil.

Jika kamu mengalami kendala ketika mengikuti solusi diatas, atau barangkali kamu memiliki pengalaman serupa dan ingin membagikan cara untuk mengatasinya, sangat dipersilakan untuk menuliskan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.