Tutorial Mengunci File Word dengan Password

Tutorial Mengunci File Word dengan Password

Beberapa file dokumen memiliki isi yang sangat penting didalamnya, sehingga cara terbaik untuk melindunginya adalah dengan menguncinya. Tahukah kamu jika pada Microsoft Word sebenarnya telah disediakan fitur untuk mengunci dokumen dengan aman.

Dengan mengunci dokumen, maka hanya seseorang yang mengetahui password saja yang bisa membukanya. Fitur tersebut sangat aman untuk digunakan, dan sekali saja lupa terhadap passwordnya, maka pengguna takkan bisa memulihkan isi didalamnya dengan cara apapun.

Jadi apabila kamu memiliki dokumen yang bersifat penting dan tak ingin ada orang lain mengetahuinya, maka ada baiknya untuk menggunakan fitur kunci password di Microsoft Word. Dan artikel ini akan membagikan langkah mudah untuk melakukannya.

Cara Kunci File Dokumen (Microsoft Word) dengan Password

Harap ketahui sebelum melakukannya, bahwa ketika kamu lupa terhadap passwordnya, maka tak akan ada cara untuk memulihkan isi didalam dokumen tersebut. Untuk itu, saya sarankan untuk mencatat terlebih dahulu passwordnya dan simpan itu dikertas supaya nantinya tidak sampai lupa.

  1. Pertama-tama silakan buka dokumen yang ingin dikunci.
  2. Klik menu File.

    Klik Menu File

  3. Kemudian klik menu Info.

    Klik Menu Info

  4. Lalu klik opsi Proteksi Dokumen.

    Klik Lindungi Dokumen

  5. Dan pilih Enkripsikan dengan Kata Sandi.

    Mengunci Dokumen di Words

  6. Dialog akan muncul, silakan isi kolomnya dengan password yang kamu inginkan.

    Mengisikan Password untuk Mengunci File Word

  7. Selanjutnya, konfirmasi password untuk memastikan kamu mengetikkan dengan benar.
  8. Tahap terakhir, silakan simpan dokumennya.

    Simpan Dokumen yang Telah Diberi Sandi

Kini dokumen tersebut telah berhasil dikunci dengan password. Untuk memastikannya, silakan keluar dari Words dan kemudian coba buka file dokumen tadi. Pasti saat membukanya, kamu akan diminta untuk mengetikkan password dengan benar supaya bisa mengakses isi didalamnya.

Jika salah dalam mengetikkan password, tentunya isi didalamnya tidak akan tampil dan hanya muncul blank saja. Jadi pengguna harus keluar dan kemudian membuka dokumennya kembali untuk mencoba memasukkan password lagi dengan benar.

Menghilangkan Kunci Password pada File Word

Dokumen yang telah dikunci juga bisa dikembalikan menjadi dokumen biasa. Caranya mudah, kamu hanya perlu membuka terlebih dahulu file dokumen yang terkunci dan mengetikkan passwordnya.

Dan setelah itu buka menu File > Info > Lindungi Dokumen > Enkripsikan dengan Kata Sandi. Setelah itu hilangkan passwordnya dan simpan.

Mudah bukan? Jadi intinya untuk menghilangkan kunci password pada File Word adalah menyetel ulang enkripsi kuncinya dengan password kosong.

Kesimpulan

Mengunci file Word atau dokumen dengan password merupakan hal yang paling aman untuk melindungi isi dokumen yang terbilang sensitif.

Walau fitur penguncian dari Microsoft Word sudah terbukti aman, namun kamu juga bisa membuatnya lebih ketat lagi dengan mengarsipkan file dokumen tersebut ke format ZIP atau RAR dengan password. Sehingga proteksi keamanan dokumen tersebut menjadi ganda dan terjamin takkan bisa dibuka oleh orang lain yang tak memiliki informasi password.

Dan sebelum mengakhiri ini, Saya ingin mengingatkan kembali untuk menyimpan salinan password kamu dengan aman. Karena jika sampai lupa, takkan ada cara untuk memulihkannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.