Solusi Lupa Kata Sandi Admin di Situs WordPress

Mengelola situs WordPress sangatlah menyenangkan karena kemudahan yang dapat dilakukan didalam dasbor admin. Tapi adapun kendala yang sangat biasa terjadi, yaitu lupa kata sandi. Jika hal ini terjadi, pastinya kamu takkan bisa memasuki halaman admin lagi dan takkan dapat mengelola situs WordPress kembali.

Lupa kata sandi adalah hal yang sangat lumrah terjadi. Hal ini biasanya karena pengguna tidak mencatat sandi tersebut saat menerapkannya pada situs dan selalu memakai password yang berbeda-beda. Tapi tak usah khawatir, karena masalah kecil ini dapat diatasi dengan mudah sekali.

Hampir semua platform blogging memiliki fitur lupa kata sandi, termasuk pada WordPress. Dengan fitur itu kamu bisa mengatur sandi yang baru dengan cara yang mudah sekali. Simak artikel ini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Admin di WordPress

Yang dibutuhkan dalam mereset kata sandi admin WordPress hanyalah email yang terhubung. Sebenarnya ini nyaris sama seperti mereset sandi di situs sosial media. Silakan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Buka halaman login WordPress.
  2. Klik opsi Lupa sandi Anda?.

    Mengatasi Lupa Kata Sandi Admin di WordPress

  3. Kemudian tuliskan username atau alamat email akunnya.

    Masukkan Username Admin

  4. Lalu klik tombol Dapatkan Sandi Baru.
  5. Selanjutnya akses email, dan buka pada pesan “Atur Ulang Sandi” yang berasal dari WordPress.

    Buka Pesan dari WordPress

  6. Silakan klik pada tautan untuk memulai mereset sandi.

    Menekan Tautan untuk Mereset Sandi

  7. Sekarang buatlah sandi yang baru, dan klik tombol Simpan Kata Sandi untuk mengubahnya.

    Membuat Sandi Admin yang Baru di WordPress

Pada saat pembuatan sandi yang baru, sistem WordPress mungkin menganjurkan untuk membuat kata sandi yang rumit sampai bar dibawahnya berwarna hijau, tapi sebenarnya bar tersebut tak masalah untuk diabaikan dan kamu dapat mengatur kata sandi sesuai yang diinginkan bahkan meski bar berwarna merah atau jingga.

Dan ketika sandi yang baru telah dibuat, kini kamu bisa mencobanya untuk memasuki halaman admin.

Bagaimana Jika Lupa Email yang Dihubungkan di WordPress?

Siapa tahu kamu lupa alamat email yang terhubung di situs WordPress yang baru dibuat. Selama email yang kamu hubungkan valid dan aktif, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk mereset sandi akunnya.

Untuk mengetahui alamat email yang terhubung pada WordPress, itu bisa dilakukan melalui database, alah satu cara termudah adalah melihatnya dari PhpMyAdmin. Silakan buka table wp_options dan cari row admin_email. Di data row tersebut kamu akan melihat alamat email yang digunakan sekarang.

Mengetahui Alamat Email Admin WordPress Melalui Database

Baca juga: Cara Mengubah Password User atau Admin di WordPress

Akhir Kata

Kejadian lupa kata sandi memang kadang muncul karena beberapa hal, entah karena catatan password hilang, mengatur sandi sembarang (tanpa diingat), dan lain sebagainya. Tapi selama kamu yang mengelola situs tersebut, pastinya kamu memiliki akses untuk bisa masuk kembali.

Bahkan meskipun lupa alamat email apa sedang yang dipakai, bisa juga mengintipnya melalui database . Sebab rata-rata orang saat ini memiliki akun email ganda, bahkan kadang hingga puluhan email. Sehingga sampai lupa alamat email mana yang dipakai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.