≡ Menu

Cara Mengubah Password User atau Admin di WordPress

Cara Mengubah Password User atau Admin di WordPress

WordPress memiliki keamanan yang sangat ketat dalam menyimpan kata sandi setiap akun. Pasalnya, kata sandi atau password yang kamu gunakan telah di-enkripsi pada database. Ditambah lagi adanya plugin keamanan untuk menambah keamanan ganda terhadap website.

Mengganti password WordPress bisa dilakukan dengan mudah melalui halaman admin. Hanya saja beberapa orang mungkin masih bingung untuk melakukannya. Dan sebenarnya WordPress sendiri pun telah menyediakan fitur Password Generator.

Walau dengan fitur Password Generator mampu menghadirkan kata sandi yang sangat kuat, tapi beberapa orang lebih suka mengatur kata sandinya sendiri. Dan pada artikel ini akan dibagikan tata cara mengubah password tersebut.

Tutorial Mengubah Password di WordPress

Sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu terapkan untuk mengganti password di WordPress. Yaitu melalui halaman admin, atau menggunakan fitur lupa kata sandi. Namun disini akan dibagikan cara yang melalui halaman admin, karena saya rasa itu lebih mudah untuk dilakukan.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengubah kata sandi di WordPress:

  1. Masuk ke Halaman Dasbor.
  2. Klik menu Pengguna.

    Klik Menu Pengguna

  3. Kemudian klik nama pengguna yang ingin diubah passwordnya.
  4. Gulir kebawah dan klik tombol Atur Kata Sandi Baru.

    Klik Tombol Ciptakan Sandi

  5. Kemudian klik pada kolom password tersebut, dan ubah dengan password yang diinginkan.

    Mengubah Password User atau Admin di WordPress

  6. Setelah itu klik tombol Perbarui Pengguna untuk menyimpan.

    Tutorial Mengganti Password WordPress

Umumnya, WordPress menghimbau untuk menggunakan kata sandi minimal 8 karakter yang disertai simbol, angka, dan juga tulisan besar kecil guna untuk menambah keamanan. Tapi meskipun kamu mengatur dengan kekuatan sandi yang rendah, itu juga tidak masalah.

Baca juga: Cara Mereset Ulang Situs WordPress dengan Cepat

Kesimpulan

Mengubah password WordPress untuk pengguna tertentu sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Terlebih lagi kamu akan mendapatkan notifikasi melalui email apabila terdapat perubahan kata sandi.

Sementara itu jika mengubah password melalui fitur lupa kata sandi juga nyaris sama mudahnya, akan tetapi cara diatas lebih praktis. Karena fitur itu hanya dikhususkan ketika kamu benar-benar lupa kata sandi dan tidak bisa masuk ke dasbor.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap