Cara Mengecek Pemakaian Internet di PC atau Laptop

Pada Windows 10, terdapat fitur yang dapat melihat pemakaian internet kamu dalam jangka waktu sebulan terakhir. Memungkinkan kamu bisa menganalisa jenis program apa yang sekiranya memakan banyak sekali data internet setiap waktu.

Tingkat akurasi yang diterapkan oleh sistem Windows ini cukup akurat, akan tetapi hal ini tidak berlaku apabila kamu selalu menggunakan jaringan VPN di suatu program, karena nantinya jenis koneksi internet yang terdeteksi adalah dari program VPN tersebut.

Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang masih menggunakan paket data internet, sebagai contohnya menggunakan koneksi seluler dengan modem USB. Sehingga bisa mengetahui program mana yang menghabiskan banyak sekali data dan bisa mulai menghematnya.

Melihat Penggunaan Data Internet di PC atau Laptop

Sebelum membahasnya, saya ingatkan sekali lagi bahwa total penggunaan internet yang ditampilkan oleh sistem ini berdasarkan dari 30 hari terakhir. Dan kemungkinan hasilnya tidak jauh berbeda dari penghitungan yang diterapkan operator.

Dan berikut ini langkah mudah untuk mengeceknya:

  1. Klik START dan menuju Windows Settings.

    Menuju Windows Settings

  2. Lalu pilih menu Network & Internet.

    Pilih menu Network dan Internet

  3. Setelah itu klik pada tombol Data Usage.

    Klik Tombol Data Usage

  4. Sekarang program yang menggunakan data internet tertinggi akan ditampilkan mulai dari paling atas.

    Mengecek Pemakaian Internet di PC atau Laptop

Seluruh program yang ditampilkan merupakan program yang telah terdeteksi oleh sistem yang pernah menggunakan jaringan internet, bahkan meski hanya 1 MB sekalipun.

Dari sini kamu bisa memulai untuk menganalisa jenis program tersebut. Bahkan fitur ini juga bisa dipakai untuk mengetahui adanya anomali dari program yang tak dikenal yang sekiranya menggunakan koneksi internet cukup tinggi.

Baca juga: Membatasi Penggunaan Data Internet di Windows 10

Kesimpulan

Fitur pengecek total pemakaian internet tersedia pada Windows 10, dan fitur tersebut hanya mencatat dalam kurun waktu 1 bulan. Sementara itu terkait akurasi penghitungan, rata-rata hanya berbeda sedikit dari penghitungan yang diterapkan operator kartu seluler atau ISP yang dipakai selama jaringan internet hanya digunakan pada komputer/laptop itu saja.

Apabila kamu mengharapkan analisis yang lebih banyak, misalnya perhitungan penggunaan dalam satu tahun, mungkin ada baiknya untuk menggunakan program pihak ketiga. Karena fitur yang tersedia di Windows ini terbatas dan tergolong sederhana.

Semoga Bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.