Cara Menghapus User di WordPress

Satu akun WordPress dapat dikelola oleh banyak user/pengguna yang mana memiliki role masing-masing. Baik itu sebagai editor, administrator, penulis, atau kontributor. Dan sebagai seorang administrator, mereka dapat menambahkan atau menghapus user tersebut.

User administrator memiliki hak penuh dalam mengelola website yang mana tak bisa dilakukan oleh tipe user lain. Dan menambahkan atau menghapus user bisa dilakukan dengan mudah oleh seorang administrator. Ini sama halnya seperti pemilik website itu sendiri karena tak ada batasan dalam melakukan segala hal.

Disini akan saya bagikan tata cara untuk menghapus user yang ada di situs WordPress. Tutorial ini dikhususkan bagi pengguna yang ingin memahami lebih terhadap pengelolaan user yang ada di situsnya.

Tutorial Menghapus User atau Pengguna di WordPress

  1. Buka halaman admin WordPress.
  2. Setelah itu klik pada menu Pengguna.

    Klik Menu Pengguna

  3. Lalu arahkan mouse pada user yang ingin dihapus.
  4. Dibawah nama user akan muncul opsi Hapus, silakan diklik.

    Klik Menu Hapus

  5. Kemudian halaman konfirmasi penghapusan akan muncul, disini terdapat opsi yang bisa kamu pilih.
  6. Klik tombol Konfirmasi Penghapusan untuk menghapus permanen user tersebut.

    Menghapus User di WordPress

Pada saat proses konfirmasi penghapusan, kamu akan diminta untuk memilih opsi apabila sekiranya user tersebut pernah menerbitkan konten. Opsi tersebut antara lain menghapus seluruh konten yang pernah ditulis oleh user tersebut, atau memindahkan semua konten itu ke user lain.

Selain itu, kamu juga bisa menghapus banyak user sekaligus dengan cara memberi checklist pada user yang ingin dihapus, setelah itu pada opsi Tindakan Massal, silakan pilih Hapus dan klik tombol Terapkan. Setelah itu halaman konfirmasi penghapusan akan tampil.

Mengapa Tidak Bisa Menghapus User di WordPress?

Kendala ini nyaris tak pernah terjadi apabila kamu memang merupakan seorang administrator. Berbeda lagi jika role akun kamu adalah author, tentunya itu tak memiliki ijin untuk menghapus user pada situs.

Jadi silakan cek kembali, apakah role akun kamu tertera sebagai administrator atau justru yang lainnya. Jika sekiranya memang administrator, berarti kendalanya ada pada database situs web. Dan untuk hal tersebut, silakan hubungi layanan server yang digunakan untuk dibantu mengatasinya.

Baca juga: Solusi Lupa Kata Sandi Admin di Situs WordPress

Kesimpulan

Pengelolaan user terhadap situs WordPress dapat dilakukan oleh seorang administrator. Tak hanya menambahkan atau menghapus saja, bahkan bisa pula mengubah segala informasi terhadap user tersebut, salah satunya adalah password.

Menghapus user dapat dilakukan secara individual atau massal tergantung dari kebutuhan, dan kamu bebas memilih untuk menghapus semua konten yang pernah diterbitkan pengguna tersebut, atau menyimpan konten itu menjadi atas nama user yang lainnya.

Jika kamu mengalami kendala atau memiliki pertanyaan mengenai tutorial diatas, silakan berkomentar pada kolom dibawah artikel ini untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.