Cara Mengganti Password di Instagram

Cara Mengganti Password di Instagram

Siapa sih yang tidak kenal dengan Instagram? Aplikasi media sosial yang satu ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tak hanya digunakan untuk berbagi momen penting, tapi juga menjadi wadah untuk berinteraksi dengan teman-teman dan bahkan mempromosikan bisnis. Namun, seperti halnya platform media sosial lainnya, keamanan akun Instagram kamu juga perlu diperhatikan. Salah satu cara untuk menjaga keamanan akun adalah dengan mengganti password secara berkala.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara mudah untuk mengganti password di Instagram. Tidak perlu khawatir jika kamu masih belum tahu caranya, karena langkah-langkahnya sangat mudah dan cepat. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Tutorial Mengganti Password atau Sandi di Instagram

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mengganti password di Instagram melalui aplikasi di ponsel:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Ketuk ikon profil di pojok kanan bawah layar.
  3. Selanjutnya Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas layar.
  4. Kemudian pilih menu Pengaturan.

    Pilih Menu Pengaturan

  5. Lalu pilih opsi Pusat Akun.

    Memilih Opsi Pusat Akun

  6. Gulir ke bawah dan ketuk menu Kata Sandi dan Keamanan.

    Pilih Menu Kata Sandi dan Keamanan

  7. Nah sekarang ketuk menu Ubah Kata Sandi.

    Pilih Menu Ubah Kata Sandi

  8. Pilih pada akun yang ingin diubah kata sandinya.

    Memilih Akun untuk Mengubah Password

  9. Kemudian masukkan kata sandi lama dan kata sandi baru yang kamu inginkan.

    Mengganti Password Instagram

  10. Jika sudah, ketuk tombol Ubah Kata Sandi.
  11. Selesai, password Instagram telah berhasil diganti.

Pada bagian Pusat Akun, kamu juga akan melihat adanya akun Facebook yang tertera di sana, hal tersebut karena keseluruhan layanan Meta disatukan sehingga pengelolaan akun dapat dilakukan dengan mudah pada satu tempat.

Meta juga memberikan informasi bantuan terhadap tanggal kapan terakhir kali mengganti password lama terhadap akun. Jadi apabila kamu menyimpan password itu di buku, mungkin akan lebih mudah menemukannya atau bahkan lebih mudah mengingatnya.

Tips untuk Memilih Password yang Aman di Instagram

Dalam menjaga keamanan akun Instagram, sebenarnya tak hanya cukup dengan mengganti password secara berkala. Namun, kamu juga perlu memilih password yang aman dan susah ditebak oleh orang lain. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih password yang aman tersebut.

Yang pertama, hindari menggunakan kata-kata yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nama pacar, nama anak, atau nama hewan peliharaan. Kedua, gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Ketiga, buat password yang panjangnya minimal 8 karakter. Dan terakhir, jangan gunakan password yang sama dengan akun online lainnya untuk mencegah kemungkinan kebocoran data pribadi. Dengan menerapkan tips-tips itu, pasti akun Instagram kamu akan lebih terjaga keamanannya.

Baca juga: Cara Membatasi Konten Sensitif yang Mengganggu di Instagram

Kesimpulan

Mengganti password di Instagram sangatlah mudah dan cepat. Selain itu, dengan mengubahnya secara berkala juga sangat penting untuk menjaga keamanan akun Instagram kamu. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, sudah dapat dipastikan bahwa akun kamu tetap aman dan terlindungi. Dan sekali lagi, jangan lupa untuk memilih password yang aman dan buat itu berbeda-beda di setiap akun online lainnya. Jika perlu, catat password itu pada buku penting, dan simpan buku itu layaknya kamu menyimpan uangmu di bank.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *