≡ Menu

Cara Mengakses Cloud Gaming Google Stadia di Indonesia

Cara Mengakses Cloud Gaming Google Stadia di Indonesia

Stadia merupakan layanan cloud gaming yang dimiliki oleh Google. Layanan tersebut pada dasarnya terbatas pada negara di Amerika dan Eropa saja, namun tidak menutup kemungkinan apabila kedepannya bakal tersedia untuk negara di Asia.

Walaupun saat ini Stadia belum tersedia di Indonesia, akan tetapi kamu masih bisa kok mencobanya dengan lancar, meskipun itu tidak semaksimal yang diharapkan. Yang terpenting adalah koneksi internet kamu mencukupi untuk melakukan streaming dengan rata-rata 4GB per jam.

Jadi bagaimana cara untuk bermain game AAA di Stadia melalui Indonesia? Artikel ini akan menjelaskan cara mudah untuk melakukannya dan Blog Second juga akan membagikan tips untuk membuat pengalaman bermainmu tetap lancar tanpa ada gangguan.

Trik Bermain Game Stadia di Indonesia

Ada dua hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai bermain game di Stadia melalui negara yang belum didukung. Yang pertama adalah melalui VPN, dan yang kedua adalah melalui proxy. Namun ada kriteria khusus yang harus dipenuhi supaya nantinya game yang kamu mainkan berjalan lancar.

1. Menggunakan VPN USA yang Cepat dan Stabil

Kualitas dari server VPN sangat berpengaruh terhadap grafis permainan di Stadia. Jika VPN yang kamu gunakan tergolong lambat, pastinya kualitas grafis game akan dikurangi dan menyebabkan buram atau flickering, sehingga pengalaman dalam bermain tidak maksimal.

Jika ingin hasil yang maksimal, silakan beli VPN premium, pastinya server yang disediakan tidak akan diragukan lagi, beserta kecepatannya yang tak dibatasi. Beberapa layanan VPN kadang juga menyediakan akses uji coba gratis, kamu bisa menggunakan itu untuk mengetahui bagus tidaknya layanan VPN tersebut sebelum mulai membelinya untuk bermain di Stadia.

Pastikan kamu menghubungkan ke VPN negara USA/Amerika supaya dapat membuka website Google Stadia dan tidak muncul peringatan negara tidak didukung lagi.

2. Memakai Proxy USA Berkualitas

Selain menggunakan VPN, kamu bisa bermain game di Stadia memakai proxy negara Amerika. Memakai proxy datacenter tidak masalah dan pastikan proxy tersebut memiliki kecepatan yang tinggi dan stabil.

Ada berbagai layanan untuk membeli proxy di internet, bahkan sebagian juga ada yang mengizinkan pengguna untuk melakukan uji coba terlebih dahulu selama beberapa hari sebelum membeli. Jadi apabila kualitasnya bagus, kamu bisa mulai berlangganan proxy tersebut untuk bisa terus bermain game di Stadia.

Untuk menggunakan proxy yang kamu miliki, silakan pasang terlebih dahulu ekstensi bernama ProxyOmega pada browser, dan setelah itu buat profil baru dan masukkan informasi proxy disana. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan program Proxifier.

Tips Menyetabilkan Grafis Permainan di Stadia

Bermain cloud gaming yang paling diandalkan adalah PING dan kecepatan internet. Dua hal itu sangat diperlukan untuk membuat kamu tetap nyaman ketika permainan berlangsung.

Jadi yang pertama, pastikan kamu memilih server dengan PING yang paling cepat. Mungkin rata-rata sekitar 100ms atau 150ms, meski itu terbilang tinggi, namun itu normal ketika memakai VPN/Proxy dan masih nyaman kok.

Selanjutnya silakan tes kecepatan internet kamu melalui situs SpeedTest. Pastikan kecepatan yang kamu miliki adalah sekitar 20Mbps. Apabila lebih dari itu akan jauh lebih baik.

Nah apabila kedua hal tersebut telah terpenuhi, kini kamu siap untuk bermain game tanpa ada kendala.

Baca juga: 5 Layanan Cloud Gaming Gratis Uji Coba

Kesimpulan

Google Stadia saat ini belum tersedia di negara Indonesia, sehingga jalan satu-satunya untuk bermain disana adalah menggunakan VPN. Stadia juga menyediakan akses uji coba selama sebulan, sehingga kamu bisa bermain game dengan label PRO disana secara gratis.

Terlebih lagi Stadia juga menyediakan akses game gratis untuk selamanya, namun itu terbatas pada beberapa game saja, salah satunya adalah Hitman. Tetapi kemungkinan game gratis akan terus ditambah untuk kedepannya.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tambahan lain mengenai cara bermain game Stadia melalui Indonesia, silakan tuliskan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap