≡ Menu

5 Layanan Cloud Gaming Gratis Uji Coba

5 Layanan Cloud Gaming Gratis Uji Coba

Dengan adanya Cloud Gaming, pengguna tidak perlu membeli perangkat yang mahal untuk mendapatkan spesifikasi yang gahar. Karena Cloud Gaming dinikmati bahkan di perangkat low-end sekalipun. Dan satu hal yang sangat penting untuk dimiliki hanyalah koneksi internet yang sangat stabil.

Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan yang mengembangkan Cloud Gaming dengan harga yang bervariasi. Dan beberapa dari itu menyediakan akses gratis uji coba dengan rata-rata selama sebulan atau seminggu.

Cara kerja Cloud Gaming ini sangatlah sederhana. Dimana perangkat kamu sebagai client hanya perlu akses internet untuk terhubung dengan server komputer gaming yang telah disediakan. Atau istilah sederhananya sama seperti menggunakan komputer secara remote, layaknya memakai RDP atau Teamviewer, hanya saja PING-nya lebih stabil.

Nah mulai sekarang kamu bisa mencoba Cloud Gaming dari beberapa situs yang dibagikan disini. Beberapa dari itu memerlukan kartu kredit hanya untuk validasi sekitar 1 USD saja atau setara 15 ribu rupiah.

5 Situs Penyedia Cloud Gaming dengan Akses Gratis Uji Coba

1. NVIDIA Geforce NOW

NVIDIA Geforce NOW

NVIDIA rupanya menyediakan layanan cloud gaming. Dan saat artikel ini dibuat, layanan tersebut masih dalam tahap pengembangan (BETA) dan hanya tersedia untuk negara di benua Amerika dan Eropa saja.

NVIDIA Geforce NOW menyediakan akses gratis selama 1 jam untuk mencoba game Free-To-Play semacam Fortnite, Paladins, LOL, dan sebagainya. Namun mereka juga sudah memiliki harga bulanan untuk layanan ini, sekitar $5.

2. Google Stadia

Google Stadia Cloud Gaming

Google juga menyediakan layanan cloud gaming bernama Stadia. Mereka memberikan akses gratis selama sebulan untuk pengguna baru. Dan game gratis yang dapat dicoba juga sangat terbatas. Namun siapa tahu nantinya mereka memberikan lebih banyak game gratis untuk dimainkan.

Untuk saat ini Stadia juga masih belum mendukung untuk negara Asia. Dan untuk bisa menikmati game yang ada didalamnya, pengguna diharuskan telah memiliki Stadia Controller.

Kelebihan yang lainnya adalah pengguna tidak perlu memasang program, dan bisa langsung memainkan game melalui browser Google Chrome. Jadi ini layaknya kamu sedang melakukan streaming video.

3. Utomik

uTomik

Utomik menyediakan gratis akses uji coba selama 14 hari. Dibandingkan yang lainnya, justru game yang ada di Utomik lebih banyak dan terus ditambah setiap bulannya. Harga untuk paket pribadi adalah $7.

Pengguna diharuskan memasang program Utomik untuk dapat mulai memainkan game. Dan bagusnya lagi, Utomik telah mendukung region Asia.

4. Microsoft Azure

Microsoft Azure

Pada dasarnya Microsoft Azure bukanlah layanan cloud gaming, akan tetapi merupakan layanan cloud computing sejenis Google Cloud. Bedanya disini kamu bisa mengelola server komputer sendiri dan memasang game secara mandiri tanpa ada batasan.

Ada beberapa tutorial yang bisa kamu ikuti di Youtube untuk mengelola cloud gaming sendiri di Azure dengan bantuan program Parsec. Untuk harganya sangat bervariasi tergantung dari spesifikasi virtual komputer dan GPU yang kamu buat.

5. Playkey

PlayKey

Playkey menyajikan banyak sekali game gratis yang dapat dimainkan, bahkan beberapa game demo juga disertakan. Mereka juga memberikan akses uji coba gratis, akan tetapi waktu yang diberikan cukup terbatas, yaitu 20 menit saja.

Harga normal dari layanan Playkey per jam adalah $2. Tapi semakin banyak jam yang dibeli, diskon akan semakin besar pula.

Baca juga: 5 Manfaat dari Menggunakan Remote Desktop (RDP)


Jadi dari kelima layanan cloud gaming diatas, manakah yang akan kamu coba? Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika menurut Saya sendiri, NVIDIA Geforce NOW cukup murah dan bagus, akan tetapi kekurangannya masih belum tersedia untuk negara di Asia.

Kamu juga bisa mencoba seluruh situs diatas untuk membandingkan mana yang paling terbaik dari sisi kenyamanan dan kestabilan dalam bermain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment