Kelebihan dan Kekurangan dari VPN Unlimited

Kelebihan dan Kekurangan dari VPN Unlimited

Sudah ada lebih dari 5 layanan VPN yang pernah saya review di Blog Second, dan semua itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai layanan VPN Unlimited yang kebetulan saya menggunakannya dalam beberapa bulan terakhir ini.

VPN Unlimited merupakan layanan VPN gratis dan premium yang telah berdiri sejak tahun 2013 di bawah perusahaan Keepsolid. Dari tahun ke tahun, terdapat perubahan yang menonjol pada layanan ini dari segi fiturnya.

VPN gratis yang mereka tawarkan hanya tersedia untuk beberapa server saja, namun yang dibahas pada artikel ini adalah fitur premiumnya. Tentunya review seperti ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai untuk berlangganan VPN sesuai kebutuhan.

Kelebihan dari VPN Unlimited

Dimulai dari kelebihannya terlebih dahulu. Menurut saya, VPN Unlimited cocok digunakan untuk melindungi privasi di internet ketika sedang melakukan browsing, menonton, dan sebagainya. Walau rata-rata kegunaan VPN memang untuk melindungi privasi, tapi cobalah untuk melihat kelebihan dari VPN Unlimited di bawah ini.

1. Mendukung Banyak Perangkat

VPN Unlimited dapat dipakai untuk berbagai macam perangkat, mulai dari PC, Mac, Linux, Android, iOS, Router, dan bahkan untuk browser (ekstensi). Fitur yang disediakan sama, namun untuk dukungan browser hanya sebatas proxy saja, sehingga jenis enkripsi lainnya tidak tersedia.

Jadi misalnya kamu memiliki dua perangkat berbeda, antara laptop dan ponsel, maka kedua perangkat tersebut bisa digunakan bersamaan dengan VPN Unlimited. Dan terdapat batasan maksimal 5 perangkat yang bisa terhubung secara bersamaan pada satu akun.

2. Banyak Server Negara yang Tersedia

Kurang lebihnya tersedia 80 negara yang bisa dipilih, dan ada lebih dari 1000 server yang disediakan secara total. Ini hanya berlaku untuk pengguna premium, sementara jika pengguna gratis hanya diberi satu lokasi negara saja, yaitu USA.

Dari banyaknya lokasi itu, kamu bebas memilih server lokasi yang mana saja tergantung kebutuhan untuk melindungi privasi. Seperti sedang ingin membuka blokir situs web yang membatasi negara tertentu.

3. Berbagai Pilihan Protokol Jaringan

Selanjutnya adalah pemilihan protokol jaringan. Sampai saat ini tersedia 7 jenis protokol yang bisa dipilih, antara lain adalah:

  • IKEv2
  • L2TP (khusus Windows Mobile)
  • IPSec (untuk iOS versi lama)
  • OpenVPN
  • Keepsolid Wise TCP/UDP
  • Wireguard
  • TLS (Proxy)

Kamu juga tidak perlu bingung dalam memikirkan protokol apa yang seharusnya untuk digunakan, sebab VPN Unlimited dapat memilihkannya untukmu berdasarkan performa yang paling terbaik untuk perangkat dan jaringan.

4. Tersedia Fitur Kill Switch

Fitur Kill Switch menjadi sangat penting untuk saat ini untuk menghindari kebocoran privasi akibat server VPN yang tiba-tiba berhenti. Untuk itulah mengapa saya masukkan ini pada daftar kelebihan.

Kegunaan mendalam dari fitur Kill Switch adalah menghalangi koneksi internet yang tidak tersambung menggunakan VPN. Itu tandanya kamu tidak akan bisa mengakses internet ketika VPN sedang tidak tersambung.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini dapat dilakukan dengan sekali klik pada pengaturan di program atau aplikasi VPN Unlimited.

5. Menonton Film di Situs Populer

Yang terakhir adalah bisa digunakan untuk menonton film di layanan video populer seperti Netflix, Amazon Prime, Disney+, dan sebagainya. Seperti yang kita tahu sebagian dari layanan itu memblokir akses di negara tertentu, namun dengan VPN Unlimited, kamu bisa membukanya dengan lancar tanpa ada kendala.

Kekurangan dari VPN Unlimited

Setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan dan tidak ada yang sempurna di dunia ini. Pengalaman saya menggunakan VPN Unlimited memang diakhiri dengan happy ending, akan tetapi di sela-sela itu terdapat kekurangan yang juga ingin saya bagikan, antara lain adalah:

1. Sebagian Server Kurang Cepat

Pada kondisi tertentu, server yang disediakan di VPN Unlimited mengalami kelambatan, walau saya tahu ini bukan dari sisi layanannya, melainkan dari host servernya, tapi masih saja ini menjadi masalah tersendiri bagi saya.

Sampai saya berpikir ulang, dari 1000 lebih server yang tersedia, apakah hanya saya saja yang mengalami lemot ini. Lalu saya coba ganti protokolnya dan alhasil alamat IP dari VPN berganti dan koneksi kembali cepat dan lancar.

Ini murni bukan masalah latensi, sebab saat itu saya memilih lokasi Optimal dan mendapatkan IP Singapura, namun sepertinya karena kepadatan pengguna yang sedang memakainya secara bersamaan. Dan jika kamu mengalaminya juga, silakan coba ganti protokolnya dan lihat hasilnya.

2. Kebanyakan Server Tidak Mendukung Torrent

Dari 80 server negara yang tersedia, hanya tiga saja yang mendukung untuk aktivitas torrent, yaitu Canada, Romania, dan France. Selain server dari negara itu tidak diperbolehkan untuk aktivitas torrent atau P2P.

Jika ada tambahan satu server untuk Asia, dan bukan cuma di Amerika dan Eropa saja, mungkin itu akan lebih baik lagi.

Baca juga: Cara Membuka Website yang Diblokir Tanpa VPN

Akhir Kata

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari VPN Unlimited berdasarkan pengalaman saya sendiri. Untuk harga dari layanan tersebut menurut saya hampir setara dengan layanan VPN populer lainnya.

Sebelum mulai membelinya, kamu akan diberikan akses gratis uji coba selama tujuh hari. Jika kamu puas dengan layanan yang mereka berikan, maka di saat itulah kamu bisa memulai untuk membelinya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *