≡ Menu

Cara Mengaktifkan Fitur Lacak Perangkat di Windows 10

Tak cuma di ponsel saja yang memiliki fitur untuk melacak perangkat, bahkan di Windows 10 pun juga memilikinya. Memungkinkan pengguna untuk bisa melacak posisi terakhir laptopnya apabila dirasa lupa meletakkan atau barangkali hilang.

Fitur lacak perangkat (Find My Device) ini nyaris sama seperti yang ada di ponsel. Perbedaannya adalah fitur ini disediakan langsung oleh Microsoft dan pemilik akun dapat melakukan beberapa hal dari jarak jauh ketika laptopnya hilang.

Cara mengaktifkannya pun sangatlah mudah, yang pasti kamu harus memiliki akun Microsoft yang telah dimasukkan pada Windows 10 supaya nantinya ter-sinkronisasi dan dapat menggunakan fitur ini.

Mengaktifkan Fitur Lacak di Laptop Windows 10

Sebenarnya bukan cuma laptop saja, tapi komputer pun juga bisa kok mengaktifkan fitur ini. Diatas saya kasih judul laptop karena perangkat tersebut lebih sering dibawa kemana-mana, jadi tingkat kehilangan benda tersebut lebih tinggi dibandingkan komputer yang berada di tempat yang terbilang tetap.

Dan berikut ini cara mengaktifkannya:

  1. Pertama-tama, silakan buka Windows Settings.
  2. Setelah itu klik menu Update & Security.

    Klik Update dan Security

  3. Lalu klik pada menu Find My Device.

    Klik menu Find My Device

  4. Klik pada tombol Change.

    Klik Change

  5. Dan kemudian atur sebagai ON.

    Mengaktifkan Fitur Lacak di Windows 10

  6. Selesai, fitur lacak telah berhasil diaktifkan.

Sekarang kamu bisa memulai untuk melacak laptop kamu dari halaman Find My Device di website Microsoft. Pastikan kamu masuk ke akun Microsoft yang sama pada laptopnya supaya perangkatnya dapat terdeteksi.

Kenapa Perangkat Tidak Terdeteksi?

Sebagai tambahan apabila sekiranya laptop kamu masih saja tidak terdeteksi, hal tersebut kemungkinan besar karena fitur lokasi di Windows 10 belum diaktifkan. Untuk itu silakan aktifkan terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan lokasi, silakan menuju Windows Settings > Privacy > Location. Lalu klik tombol Change dan aktifkan.

Mengaktifkan Fitur Lokasi di Windows 10

Ketika lokasi sudah diaktifkan, pasti beberapa saat kemudian perangkat akan langsung terdeteksi keberadaannya pada fitur lacak di Microsoft.

Baca juga: Cara Lacak HP Samsung dengan Fitur Find My Mobile

Kesimpulan

Fitur lacak di Windows 10 ini sangatlah akurat mengingat lokasi yang didapatkan memiliki akurasi yang tinggi. Dan apabila kondisinya laptop hilang dan tidak terkoneksi ke internet, maka yang ditampilkan saat melacak adalah lokasi terakhir perangkat tersebut berada.

Jadi ketika laptop dihidupkan kembali dan memiliki koneksi internet, pastinya kamu akan mendapatkan pembaruan pada website lacak perangkat di Microsoft.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap