≡ Menu

Mengaktifkan Fitur Hemat Baterai pada Laptop Windows

Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Baterai pada Laptop Windows

Setiap laptop memiliki daya baterai yang berbeda-beda, ada yang bisa digunakan sampai 8 jam, dan adapula yang hanya mampu sampai 3 jam saja. Terkadang jangka baterai juga didasari dari penggunaan laptop itu sendiri, jika dipakai untuk bermain game berat, pastinya baterai akan cepat terkuras.

Tapi pada laptop Windows tentunya memiliki fitur hemat baterai layaknya di ponsel. Dimana fungsinya adalah membatasi beberapa kinerja pada laptop tersebut, salah satunya pembatasan CPU hingga 50%.

Fitur untuk menghemat baterai ini rata-rata akan aktif secara otomatis ketika baterai menyentuh persentase 20%. Tapi sebenarnya kamu juga bisa kok mengaktifkan fitur penghematan baterai ini meski daya masih 100%.

Mengaktifkan Fitur Hemat Baterai di Laptop

Tak perlu memasang program tambahan hanya untuk menghemat baterai, karena pada dasarnya Windows telah menyediakan fitur ini. Dan berikut ini cara mudah untuk mengaktifkan fitur hemat baterai pada laptop:

  1. Klik pada ikon Baterai di toolbar.

    Klik ikon Baterai

  2. Kemudian klik pada opsi Baterai Saver.

    Mengaktifkan Fitur Hemat Baterai di Laptop

  3. Selesai, fitur hemat baterai telah aktif.

Hanya perlu sedikit langkah saja untuk mengaktifkan fitur ini. Dan setelah kamu mengaktifkannya, kecerahan pada layar akan mulai diturunkan, dan itu adalah normal. Selain itu performa pada laptop mungkin akan menurun selama fitur hemat baterai aktif, dan itu merupakan hal yang wajar mengingat terdapat pembatasan CPU oleh sistem.

Menghidupkan Fitur Hemat Baterai pada Persentase Tertentu

Jika kamu ingin fitur penghematan ini aktif hanya ketika baterai berada di persentase tertentu, hal itu juga bisa diatur. Jadi misalnya kamu ingin mengaktifkannya ketika baterai laptop sisa 50%.

Langkah-langkahnya sangat mudah, silakan menuju Windows Settings > System > Baterai. Kemudian pada opsi Turn battery saver on automatically at pilihlah persentase yang diinginkan.

Menghidupkan Fitur Hemat Baterai pada Persentase Tertentu pada Windows 10

Baca juga: 4 Tips Menghemat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Habis

Kesimpulan

Fitur hemat daya yang terdapat pada Windows mampu menghemat sekiranya 10% dari penggunaan normal. Tentunya ketika fitur tersebut aktif akan mempengaruhi sedikit performa pada laptop akibat adanya pembatasan CPU.

Penurunan performa tersebut akan dirasakan hanya ketika kamu menggunakan program berat semacam proses rendering, atau bermain suatu game. Tapi untuk penggunaan normal seperti browsing, penggunaan Microsoft Office, kamu takkan merasakan adanya penurunan performa sama sekali.

Dan terbantu dari adanya pembatasan CPU, laptop kamu tidak akan cepat panas. Justru apabila laptop kamu memiliki daya yang cukup lama, pastinya dengan mengaktifkan fitur hemat baterai ini akan membuat daya baterai lebih lama lagi dari biasanya. Semua itu masih tergantung dari penggunaan di laptop juga.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap