Cara Mengecek Apakah PC atau Laptop Mendukung Windows 11

Cara Mengecek Apakah PC atau Laptop Mendukung Windows 11

Microsoft akan meluncurkan pembaruan besar terhadap OS Windows. Jika sebelumnya pada Windows 10, terdapat beberapa perubahan dari sisi fitur, tampilan, dan sebagainya. Tentunya hal tersebut juga sama terjadi pada pembaruan ke Windows 11 nantinya.

Pada saat artikel ini ditulis, Windows 11 belum sepenuhnya dirilis secara global. Jadi masih hanya bisa dinikmati pada versi preview atau beta saja. Tapi dilihat dari segi UI yang ditawarkan, tampak jelas bahwa Windows 11 terlihat lebih halus dan nyaman untuk digunakan.

Kamu mungkin penasaran apakah Windows 11 ini nantinya bisa dipasang pada komputer atau laptop yang kamu gunakan? Untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut, disini akan saya bagikan tata cara untuk mengecek kompatibilitasnya terhadap PC atau laptop yang kamu pakai.

Mengetahui Apakah PC atau Laptop Mendukung Windows 11

Sebenarnya syarat yang dibutuhkan untuk memasang Windows 11 tidaklah banyak. Bahkan rata-rata laptop keluaran 2015 keatas dapat memasangnya. Tapi tentunya terdapat beberapa faktor supaya perangkat kamu bisa mendukung untuk memasang pembaruan ini.

Minimum Spesifikasi Sistem yang Dibutuhkan

Windows 11 tidak membutuhkan spesifikasi perangkat yang gahar. Pastikan komputer atau laptop kamu memenuhi spesifikasi dibawah ini supaya dapat memasang pembaruan Windows 11.

  • Prosesor: 1 GHz, 2 Core, 64-bit.
  • Memory: 4GB RAM
  • Penyimpanan Sistem: 64GB
  • Firmware Sistem: UEFI (Secure Boot)
  • Trusted Platform Module: TPM versi 2.0

Diatas adalah minimum spesifikasi yang dibutuhkan, apabila spesifikasi perangkat kamu lebih tinggi dari itu, maka pastinya akan lebih bagus lagi.

Baca juga: Cara Mengecek Versi BIOS pada Windows

Cek Kompatibilitas PC atau Laptop Terhadap Windows 11

Satu hal lagi yang perlu kamu coba, yaitu menggunakan program PC Health Check yang disediakan oleh Microsoft. Didalam program tersebut tersedia fitur untuk mengecek apakah perangkat kamu benar-benar mendukung untuk pembaruan Windows 11, atau justru tidak.

Berikut ini cara mengeceknya:

  1. Download dan pasang program PC Health Check.

    Pemasangan PC Health Check

  2. Kemudian buka program tersebut.
  3. Pada bagian Introducing Windows 11, silakan klik tombol Check Now.

    Mengecek Kompatibilitas Laptop atau PC Terhadap Windows 11

  4. Setelah itu dialog akan muncul beserta hasil ceknya.

    Mengecek Apakah PC atau Laptop Mendukung Pembaruan Windows 11

Kini kamu dapat mengetahui apakah PC atau laptop kamu mendukung untuk pembaruan Windows 11. Jika tampil dialog “This PC can run Windows 11” itu tandanya perangkat kamu mendukung untuk pembaruan Windows 11.

Sedangkan apabila muncul notif “This PC can’t run Windows 11” kemungkinan besar perangkat kamu belum memenuhi syarat untuk pembaruan Windows 11. Tapi rata-rata hal ini juga disebakan karena Windows tidak sedang dimulai pada Secure Boot.

Jadi apabila sekiranya perangkat kamu tidak mendukung terhadap pembaruan Windows 11, cobalah untuk memulai Windows pada Secure Boot, kemudian coba lagi membuka program PC Health Check.

Tapi apabila masih tetap sama, silakan buka BIOS/UEFI lalu aktifkan TPM/fTPM. Setiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengaktifkannya, jadi saya sarankan untuk menanyakannya ke layanan support PC atau Laptopnya.

Dan satu lagi, program PC Health Check boleh kamu hapus setelah digunakan untuk pengecekkan. Untuk menghapusnya dapat dilakukan melalui Pengaturan Aplikasi di Windows Settings.

Apabila kamu memiliki pertanyaan atau tambahan mengenai pengecekkan kompatibilitas Windows 11, sangat dipersilakan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.