≡ Menu

Mengatur Google Chrome Supaya Otomatis Menerjemahkan Halaman

Salah satu kelebihan yang ada di browser Google Chrome adalah ketersediaan dukungan dari Google Translate, yang kinerjanya adalah menerjemahkan halaman secara otomatis. Fitur tersebut juga sangat pintar, karena dapat mendeteksi bahasa yang akan diterjemahkan.

Secara default fitur ini tidak langsung aktif di komputer, sehingga ketika mengunjungi website yang memakai bahasa asing takkan muncul notif dialog untuk menerjemahkannya. Dan untuk mengaktifkannya pun tidaklah sulit.

Di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur terjemahan otomatis pada browser Google Chrome di komputer atau laptop. Dengan begitu kamu selalu mengerti setiap bacaan walau pada website dengan bahasa asing sekalipun.

Cara Mengaktifkan Fitur Terjemahan Otomatis di Chrome

  1. Buka Google Chrome.
  2. Klik opsi Menu (titik tiga).

    Klik Opsi Menu Titik Tiga

  3. Kemudian klik pada menu Setelan.

    Klik Menu Setelan

  4. Pada bagian Setelan, klik opsi Lanjutan dan pilih Bahasa.

    Klik Opsi Lanjutan

  5. Sekarang klik pada opsi titik tiga pada Bahasa Inggris, dan beri centang pada Tawarkan penerjemah halaman ke dalam bahasa ini.

    Mengaktifkan Fitur Terjemahan Otomatis Google Chrome

  6. Setelah itu, beri centang juga pada opsi Tanya apakah halaman yang tidak Anda pahami ingin diterjemahkan.

    Atur Google Chrome untuk Terjemahan Otomatis

  7. Tahap terakhir, silakan mulai ulang browser Google Chrome.

Jika sudah melakukan langkah diatas, cobalah untuk membuka suatu website dengan bahasa asing, pasti akan muncul dialog untuk memilih antara Bahasa Indonesia atau Inggris. Namun jika sekiranya masih belum muncul, silakan coba mulai ulang sekali lagi browsernya.

Terjemahan Otomatis Sudah Tampil di Browser Chrome

Sebagai tambahan, apabila kamu kesulitan dalam menuju pengaturan bahasa di Chrome, silakan kunjungi URL berikut chrome://settings/languages dan seketika kamu akan langsung dialihkan ke Setelan bahasa.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Google Chrome Sering Macet di PC

Kesimpulan

Fitur terjemahan yang ada di browser Chrome sangat membantu dalam memahami isi konten dari suatu website yang menggunakan bahasa yang tidak kita pelajari. Namun fitur tersebut juga memiliki batasan, dimana tidak seluruh teks bisa diterjemahkan secara sempurna.

Tapi hasil dari terjemahannya menurut saya sudah cukup baik untuk bisa dipahami. Setidaknya dengan cara ini kamu tak perlu lagi menyalin teks tersebut dan menerjemahkannya secara manual.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap