≡ Menu

Cara Lacak HP Samsung dengan Fitur Find My Mobile

Find My Mobile adalah fitur yang disediakan oleh Samsung untuk melacak posisi ponsel saat ini. Fitur tersebut nyaris sama seperti Find My Device yang disediakan oleh Google, hanya saja berbeda dari sisi pencariannya.

Fitur tersebut hanya tersedia di ponsel Samsung saja dan pengguna pun sebelumnya harus masuk ke akun Samsung terlebih dahulu supaya bisa memakai fiturnya. Ada beberapa kegunaan yang akan membantumu mencari ponsel dengan sangat mudah.

Jadi apabila misalnya kamu merasa kehilangan ponsel, baik itu terjatuh di jalan atau ketinggalan di suatu tempat, maka fitur Find My Mobile ini akan sangat berguna sekali. Dan disini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan fitur tersebut.

Cara Lacak Ponsel Samsung Melalui Find My Mobile

Pastikan sebelumnya kamu telah menautkan akun Samsung pada ponselnya. Dan pastikan juga bahwa ponsel kamu terhubung ke internet, karena itu merupakan langkah utama untuk bisa melacak dan mengendalikan ponsel dari jarak jauh.

Jika syarat diatas sudah terpenuhi, berikut ini tutorial melacak ponsel samsung dengan fitur Find My Mobile.

  1. Kunjungi situs web Find My Mobile pada URL berikut findmymobile.samsung.com.
  2. Silakan klik tombol Sign In dan masuk dengan akun Samsung yang tertaut pada ponsel.

    Masuk ke Akun Samsung

  3. Pada bagian MY DEVICE akan muncul nama ponsel kamu, silakan diklik.

    Klik pada Nama Ponsel

  4. Di sisi kanan, terdapat banyak menu, silakan pilih Track Location untuk melacak posisi ponsel.

    Menggunakan Fitur Find My Mobile Samsung

  5. Sekarang kamu bisa sambil mencari ponsel tersebut pada lokasi yang tertera di layar.

    Posisi Ponsel Terlacak

  6. Jika sudah sampai lokasi, selanjutnya pilih menu Ring untuk membunyikan nada dering ponsel selamat satu menit.

    Menggunakan Fitur Ring untuk Membunyikan Ponsel Jarak Jauh

Lokasi yang tertera di layar sangatlah akurat. Sebab meski ponsel tidak mengaktifkan GPS pun, setelah kamu menggunakan opsi “Track Location” seperti diatas, fitur GPS akan aktif secara otomatis.

Sangat disarankan untuk menggunakan opsi Ring hanya ketika kamu sudah berada di posisi terdekat ponselnya. Karena takutnya jika kamu belum sampai lokasi dan membunyikan nada ponsel, justru orang lain yang mengetahui keberadaan ponsel kamu. Dan fitur Ring tersebut akan membunyikan nada dering pada volume maksimum.

Baca juga: Beberapa Cara Melacak Posisi HP Android

Mendeteksi Jarak Ponsel dari Jaringan WiFi Terdekat

Selain itu, ada fitur yang lumayan berguna juga yang bisa kamu gunakan untuk menemukan ponsel. Yaitu pendeteksi jaringan WiFi terdekat. Itu bisa ditemukan disamping Network Status, cukup klik pada ikon WiFi.

Menggunakan Fitur Find My Mobile untuk Menetahui Jaringan WiFi Terdekat

Akan terlihat beberapa jaringan WiFi terdekat dari posisi ponsel saat ini. Itu dapat kamu gunakan untuk mencari area saat kehilangan ponsel.

Mengapa Lokasi Tidak Terdeteksi pada Find My Mobile?

Langkah utama untuk bisa melacak ponsel adalah adanya koneksi internet pada ponselnya. Jika sekiranya data seluler pada ponsel kamu tidak aktif, maka takkan ada cara untuk mengontrol ponsel dari jarak jauh.

Inilah satu-satunya kekurangan untuk bisa terhubung terhadap ponsel. Untuk itu sebagai jaga-jaga, selalu aktifkan data seluler ketika kamu berpergian untuk alasan keamanan dan mengantisipasi terhadap kehilangan ponsel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap