Cara Mengaktifkan Penghemat Data di Aplikasi Facebook

Semua aplikasi sosial media kini membutuhkan kuota data yang besar untuk bisa nyaman dalam menggunakannya. Itu karena adanya konten berjenis video yang mana memiliki ukuran yang besar ketika diputar. Dan konten video sepastinya hadir pada beranda.

Meski video dan gambar telah dikompres oleh Facebook, tapi kamu juga bisa menghemat data lebih dengan mengatur suatu hal pada pengaturan. Dengan begitu kuota kamu tidak akan cepat habis hanya dipakai untuk bermain Facebook saja.

Walau Facebook telah menyediakan versi Lite yang mana tergolong ringan dan hemat kuota, akan tetapi banyak pengguna yang lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi Facebook utama. Dan disini akan saya bagikan bagaimana cara untuk mengaktifkan penghemat data pada aplikasi sosial media tersebut.

Mengaktifkan Fitur Penghemat Data di Facebook

Terdapat dua opsi yang perlu kamu aktifkan untuk memaksimalkan penghematan data. Dengan cara ini, kamu tak perlu khawatir akan boros kuota, karena tentunya kuota data yang dikeluarkan dari penggunaan Facebook akan berkurang dari sebelumnya. Dan berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Facebook.
  2. Klik tombol Menu (strip tiga).
  3. Dan menuju Pengaturan.

    Menuju Pengaturan Facebook

  4. Setelah itu gulir kebawah dan ketuk pada menu Media.

    Ketuk Menu Media

  5. Sekarang aktifkan pada opsi Penghemat Data.

    Mengaktifkan Penghemat Data di Aplikasi Facebook

  6. Selesai, fitur penghemat date telah berhasil dihidupkan.

Mulai sekarang video yang muncul akan dikompres dan pengeluaran data akan turun kurang lebihnya sekitar 40%. Walau kualitas video diturunkan, tapi tak masalah karena video masih dapat terlihat dengan baik.

Hal ini sepertinya tak berlaku untuk jenis video live streaming. Jadi sebagai saran apabila kamu ingin menonton siaran langsung di Facebook, silakan atur resolusinya sedikit rendah supaya kuota tidak cepat habis.

Baca juga: Mengatasi Video di Facebook Macet Ketika Diputar

Matikan Fitur Mulai Video Otomatis untuk Menghemat Kuota

Secara default fitur untuk memulai video secara otomatis telah diaktifkan untuk jaringan WiFi. Akan tetapi siapa tahu setelan itu berubah sehingga meski menggunakan data seluler, video yang tampil di beranda tetap diputar otomatis.

Untuk menonaktifaknya, silakan menuju Pengaturan Facebook dan ketuk menu Media. Selanjutnya pada bagian Putar Otomatis, silakan atur sebagai Jangan Pernah Putar Video Otomatis. Berikut ini contoh gambarannya.

Menonaktifkan Pemutaran Video Otomatis pada Facebook

Nah ketika pemutaran video otomatis telah dinonaktifkan, sekarang video yang tampil pada beranda dapat kamu putar secara manual apabila memang tertarik untuk melihatnya. Jadi kamu takkan membuang-buang kuota lagi terhadap video yang sekiranya tidak tertarik untuk melihatnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.