Cara Mengambil Cuplikan Video di VLC Player

Cara Mengambil Cuplikan Video di VLC Player

Pernah kah kamu merasa kesulitan saat ingin mengambil cuplikan video dari film atau mungkin video favorit? Sebagian orang sampai menggunakan alat recorder untuk melakukannya, namun pada dasarnya itu tidak perlu, karena VLC Player saja sudah bisa dengan baik melakukan hal tersebut.

Ketahui lebih dulu, VLC Media Player adalah aplikasi yang bisa dipakai di Mac, Windows, dan Linux. Aplikasi ini bisa memutar berbagai jenis file audio, video, dan grafik. Tapi kelebihan unik lainnya adalah kita bisa mengambil beberapa detik atau menit cuplikan video yang kita putar. Penasaran bagaimana caranya? Simak baik-baik mulai dari sini ya.

Memangkas (Trim) Video Menggunakan VLC Player

Sebagai contohnya, kamu ingin membagikan momen keren pada suatu video yang durasinya panjang. Tidak mungkin kan membagikan keseluruhan videonya, pasti ingin membagikan saat momen itu berlangsung saja.

Nah, di VLC Player ada fitur yang namanya recorder yang memiliki kegunaan untuk mengambil cuplikan video dengan mudah dan praktis. Berikut ini tata cara melakukannya:

  1. Buka VLC Player.
  2. Kemudian putar videonya.
  3. Setelah itu tentukan durasinya, dari menit berapa ingin mengambi, kemudian pause pada segmen tersebut.

    Pause pada Segmen untuk Mengambil Cuplikan Video

  4. Apabila sudah siap, silakan klik tombol record berwarna merah, dan klik play.

    Klik Tombol Record

  5. Sekarang tentukan kapan waktu berakhir untuk mengambil cuplikannya. Jadi apabila dirasa sudah cukup, silakan klik kembali tombol record untuk menyimpannya.

    Menekan Kembali Tombol Record Apabila Sudah Selesai

  6. Dan selesai, hasil cuplikan video tersebut akan tersimpan di folder Video pada penyimpanan lokal (C).

    Hasil Cuplikan Video Menggunakan VLC Player

Dengan adanya fitur recorder ini, kamu bisa dengan mudah mengambil segmen tertentu di video tanpa perlu aplikasi editor lagi. Dan hasil video yang dipangkas tadi akan berformat MP4, bahkan meski dari sumber video dengan format berbeda (misalnya MKV, AVI, dll).

Minimal dan Maksimal Durasi yang Bisa Diambil Melalui VLC Player

Minimal pengambilan video adalah 5 detik, jika kurang dari itu maka berpotensi hasil videonya akan rusak dan tidak bisa dibuka. Sementara itu untuk maksimal pengambilannya tidak ada alias unlimited selama penyimpanan mencukupi.

Tidak ada batasan rasio, resolusi, atau jenis format video, selama video dapat diputar pada VLC Player, maka fitur recording ini dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara Mengatasi Suara Video Tidak Selaras di VLC

Kesimpulan

Dengan sebatas aplikasi pemutar media bernama VLC, kamu sudah bisa mengambil cuplikan video dengan mudah dan cepat. Sayangnya tidak ada opsi tambahan untuk fitur ini, misalnya memilih format lain sebagai hasil output, jadi hanya disediakan format MP4 saja.

Tapi itu tidak menjadi masalah selama hasilnya tetap sama, dan tidak ada kompres apapun yang terjadi. Untuk jenis codecnya menggunakan H264 yang mana itu didukung oleh kebanyakan pemutar media lainnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *