≡ Menu

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Android

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Android

Ada beberapa kendala yang bisa saja terjadi ketika memutar video, dan yang paling sering dialami oleh seseorang adalah video tersebut tidak bisa diputar. Entah itu muncul tampilan hitam saja, atau hal lainnya yang seolah file videonya rusak.

Sebagai contohnya, kamu mengunduh video di internet. Tapi setelah proses unduhan selesai, video itu tidak mau diputar. Pastilah itu akan membuat perasaan merasa jengkel karena sia-sia menunggu lama, tapi pada akhirnya video tidak bisa dimainkan.

Kendala dari kejadian ini meliputi banyak faktor. Dan pada artikel ini kamu akan mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga video yang sudah ada di ponselnya dapat diputar dengan baik tanpa ada kendala lagi.

1. Pastikan File Video Tidak Rusak

Untuk memastikannya sangatlah mudah, cukup samakan ukuran file video yang ada di ponsel dengan yang aslinya. Karena terkadang pengiriman file atau proses unduhan bisa saja gagal.

Dan jika perbedaan ukuran file cukup jauh, maka bisa dipastikan video tersebut rusak. Untuk itu, silakan kirimkan atau download ulang video tersebut, tentunya kali ini pasti dapat diputar.

2. Menggunakan Video Player yang Lain

Walau ada banyak aplikasi video player yang tersedia gratis, tapi Saya lebih menyarankan untuk menggunakan MX Player. aplikasi pemutar video tersebut mampu memainkan video dari segala format yang ada.

Bahkan format yang didukung lebih banyak dibanding pemutar video internal atau bawaan dari ponsel. Selain itu terdapat pula codec tambahan yang bisa diunduh secara terpisah, memungkinkan segala video dengan format yang jarang ditemui juga bisa diputar, contohnya seperti TS, M43U8, dan sebagainya.

3. Resolusi Video Terlalu Besar

Kendala ini lebih sering dialami pada ponsel yang memiliki spesifikasi rendah (low-end), dimana resolusi video yang terlalu besar akan membuat ponsel menjadi macet sehingga tidak bisa diputar.

Contohnya resolusi video yang kamu miliki adalah 4K (2160p) dan juga memiliki ukuran yang sangat besar. Jika perangkat tidak kuat, maka video akan mengalami macet atau muncul notif tidak bisa diputar.

Solusinya, download atau konversi resolusi video itu sedikit lebih rendah, seperti resolusi HD (720p). Kualitas videonya sudah bagus jika dilihat dari perangkat ponsel.

Untuk mengkonversi video, gunakan aplikasi bernama Kompresi Video yang bisa diunduh melalui Play Store. Sementara jika ingin melakukan dari komputer, gunakan program bernama Handbrake.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas


Sampai sini apakah video pada ponsel kamu sudah bisa diputar? Saya sarankan untuk melakukan cara diatas mulai dari yang pertama supaya hasilnya efektif. Jika pun kamu memiliki cara lain kecuali diatas, sangat dipersilakan untuk menambahkannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap