≡ Menu

Cara Menonaktifkan Sementara Antivirus ESET di PC

Cara Menonaktifkan Sementara Antivirus ESET di PC

ESET Nod32 merupakan antivirus yang tangguh untuk komputer Windows. Tampilannya memang sederhana, tapi dibalik itu, program ini dapat mencegah berbagai macam jenis virus atau malware baru sampai masuk ke komputer. Terdapat fitur pendeteksi real-time untuk menganalisa file yang berpotensi berbahaya supaya dimasukkan ke bagian karantina.

Dan sama seperti antivirus yang lainnya, bahwa ESET juga dapat dinonaktifkan sementara. Tentunya terdapat alasan mengapa kamu harus melakukan itu, contohnya akibat pendeteksi antivirus terlalu sensitif, sehingga suatu program dianggap sebagai malware.

Mematikan sementara antivirus ESET akan membuat sistemnya takkan lagi mendeteksi terhadap setiap perubahan berkas yang ada di sistem. Dan ini cukup beresiko apabila berkas yang kamu buka ternyata benar-benar terbukti malware didalamnya. Jadi sebelum mematikannya, saya sarankan untuk mengetahui informasi rinci terhadap berkas yang ingin kamu buka tersebut.

Tutorial Menonaktifkan Sementara Antivirus ESET Nod32

Ini memang hal yang beresiko, tapi suatu antivirus bisa saja salah dalam meneliti suatu berkas, sehingga itu dianggap berbahaya. Sebagai contohnya seperti program yang digunakan untuk melakukan testing keamanan website, pastinya itu dianggap berbahaya oleh ESET dan langsung dipindah ke bagian karantina.

Berikut ini cara untuk menonaktifkan antivirus ESET Nod32 secara sementara:

  1. Klik kanan pada ikon ESET di Toolbar.

    Klik Kanan Ikon ESET

  2. Kemudian klik pada opsi Jeda Perlindungan.

    Menonaktifkan Sementara Antivirus ESET Nod32

  3. Akan muncul suatu dialog, silakan pilih jangka waktu untuk menonaktifkan sementara antivirus.

    Jeda Perlindungan Antivirus ESET di PC

  4. Selanjutnya klik tombol Terapkan.
  5. Lalu dialog administrator akan tampil, silakan klik Yes.
  6. Selesai, antivirus ESET berhasil dinonaktifkan sementara.

Terdapat beberapa opsi waktu untuk melakukan jeda perlindungan, dan pada gambaran tutorial diatas, saya memilih untuk menonaktifkan antivirus selama 30 menit. Sehingga nantinya ketika 30 menit telah berlalu, sistem antivirus akan langsung aktif kembali secara otomatis.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Komputer Terkena Virus Ransomware

Kesimpulan

Proses dalam mematikan antivirus secara sementara nyaris sama dengan kebanyakan program antivirus lainnya. Di ESET pun juga diberikan kebebasan untuk menonaktifkannya sampai perangkat di-restart. Mungkin kamu dapat memilih opsi itu apabila ingin terbebas dari pendeteksi antivirus cukup lama.

Dan satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, bahwa Windows Security juga tidak akan aktif ketika antivirus ESET dimatikan. Hal tersebut karena ESET lah yang memegang kendali terhadap keamanan komputer saat itu. Jadi apabila kamu sudah selesai menggunakan program yang dianggap beresiko oleh ESET, sebaiknya untuk mengaktifkan sistem antivirusnya kembali supaya komputer tetap aman.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap