≡ Menu

Cara Beli dan Jual Reksa Dana di Tokopedia

Menabung itu sangat perlu dilakukan untuk kepentingan di masa depan. Dan kebanyakan orang lebih memilih untuk menabung di Bank karena terbukti aman. Sementara itu pengguna juga akan mendapatkan bunga dari Bank setiap bulannya walau itu terbilang sedikit.

Tapi berbeda jika menabung di reksa dana, keuntungan yang kamu dapatkan akan lebih tinggi dibanding Bank. Selain itu proses menabungnya juga bisa dilakukan secara online. Jadi kamu tak perlu bolak balik ke Bank hanya untuk menabung. Untuk informasi selengkapnya mengenai reksa dana, silakan telusuri di Google.

Tokopedia juga menyediakan akses mudah untuk menabung reksa dana lho. Dengan banyaknya metode pembayaran, kamu bisa melakukannya tanpa perlu keluar rumah lagi. Dan saat ini Tokopedia hanya menyediakan reksa dana dalam jenis Pasar Uang, yang mana resikonya paling rendah. Jika kamu penasaran ingin membeli dan menjual reksa dana di Tokopedia, silakan simak terus artikel ini.

Langkah Mudah Menabung Reksa Dana di Tokopedia

Sekilas ingin saya sampaikan sedikit, bahwa Tokopedia menjalin kerja sama dengan Bareksa untuk menyediakan tabungan investasi reksa dana yang terbilang mudah dalam proses pembelian dan penjualan. Tentunya investasi ini terbukti aman dan telah diawasi oleh Otorisasi Jasa Keuangan.

Tokopedia hanya menyediakan 1 jenis investasi reksa dana yaitu Pasar Uang, yang mana resikonya sangat rendah dan cocok digunakan untuk jangka lama atau jangka pendek sekalipun.

Kelebihannya adalah Tokopedia menyediakan opsi instan dalam proses penjualan reksa dana. Jadi kamu tidak perlu menunggu waktu 1 minggu hanya untuk menjual reksa dana. Cukup menunggu 10 menit, dan saldo akan langsung masuk ke TokoCash, kemudian dapat ditarik ke rekening bank.

Sementara itu langkah-langkah memulai investasi di Tokopedia reksa dana sangatlah mudah, dan berikut ini beberapa langkahnya:

1. Mendaftar Reksa Dana Tokopedia

Pastikan sebelumnya kamu telah memiliki akun Tokopedia. Dan selanjutnya silakan siapkan foto KTP untuk proses validasi nantinya. Foto KTP harus jelas dan tidak boleh buram supaya permohonan pendaftaran disetujui.

Jika sudah menyiapkannya, silakan menuju halaman Tokopedia reksa dana pada URL https://www.tokopedia.com/reksa-dana/. Dan setelah itu ikuti intruksi pendaftaran pada halaman tersebut.

Proses validasi membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari kerja (tidak termasuk sabtu dan minggu). Dari pengalaman saya sendiri hanya membutuhkan waktu 1 hari saja.

Dan apabila permohonan pendaftaran telah disetujui, pastinya kamu akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi Tokopedia dan juga pesan email. Kini langkah selanjutnya adalah membeli Reksa Dana.

2. Membeli reksa dana di Tokopedia

Jika saya simpulkan, proses pembeliannya nyaris sama seperti berbelanja suatu barang, hanya saja perbedaanya adalah kamu sendiri lah yang menentukan nominalnya. Berikut ini langkah-langkah untuk membeli reksa dana di aplikasi Tokopedia.

  1. Buka halaman Tokopedia Reksa Dana dan ketuk tombol Beli Reksa Dana.

    Ketuk Beli Reksa Dana

  2. Selanjutnya pilih produk reksa dana yang ingin dibeli.

    Pilih Produk Reksa Dana

  3. Kemudian tuliskan jumlah atau nominal rupiah yang ingin dibeli.

    Ketik Nominal Pembelian

  4. Lalu pilih metode pembayaran. Sebagai contoh disini saya memilih BNI Virtual Account.

    Memilih Metode Pembayaran

  5. Tahap selanjutnya, Silakan selesaikan proses pembayaran sesuai intruksi yang dijelaskan pada halaman tersebut.

    Ikuti Intruksi Pembayaran

  6. Jika proses pembayaran berhasil, maka kamu akan mendapatkan notif dari aplikasi Tokopedia.

    Pembayaran Reksa Dana Berhasl

  7. Dan akhirnya Reksa Dana berhasil dibeli, kamu juga bisa melihat detailnya pada bagian Riwayat Transaksi.

    Pembelian Reksa Dana di Tokopedia Berhasil

Kamu juga harus tahu, bahwa reksa dana yang kamu beli akan diproses maksimal 2 hari kerja. Jadi apabila saldo telah bertambah namun Unit masih belum bertambah, itu tandanya reksa dana masih diproses. Dan kamu bisa mengetahui estimasi waktu prosesnya pada bagian Riwayat Transaksi.

3. Menjual Reksa Dana di Tokopedia

Seperti yang saya katakan diatas tadi bahwa proses penjualan reksa dana di Tokopedia itu instan dan akan langsung masuk ke TokoCash dalam hitungan menit. Langkah-langkahnya menjualnya sangatlah mudah, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini:

  1. Buka halaman Tokopedia Reksa Dana dan ketuk tombol Jual Reksa Dana.

    Ketuk Jual Reksa Dana

  2. Setelah itu isikan nominal penjualan.

    Isi Nominal Penjualan

  3. Tahap selanjutnya adalah proses verifikasi, ketuk pada tombol Kirim Kode Verifikasi.

    Ketuk Kirim Kode Verifikasi

  4. Silakan pilih metode SMS, dan kemudian tunggu pesan SMS dari Tokopedia berupa kode.
  5. Isikan kode tersebut pada kolom yang telah disediakan.

    Isi Kode Verifikasi dari Pesan SMS

  6. Selesai, proses penjualan reksa dana telah berhasil.

    Penjualan Reksa Dana Tokopedia Berhasil

  7. Silakan cek pada Riwayat Transaksi Reksa Dana untuk melihat informasi penjualan lebih lanjut.

    Riwayat Transaksi Penjualan Reksa Dana Tokopedia

Dari pengalaman saya sendiri, proses penjualan hanya perlu menunggu kurang dari 10 menit dan setelah itu saldo bisa terlihat pada TokoCash. Kemudian pengguna dapat mencairkannya saat itu juga ke rekening bank.

Baca juga: Cara Melihat Semua Kupon di Tokopedia

Kesimpulan

Tokopedia memberikan pengalaman mudah kepada seluruh pengguna dalam membeli dan menjual reksa dana. Ini juga sangat cocok bagi pengguna yang belum pernah mengikuti investasi apapun, karena resikonya sangat rendah dan justru berpotensi untung hingga 6.5% per tahunnya.

Proses pembelian dan penjualan reksa dana pun juga tanpa ada biaya admin, jadi menabung bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu ragu ada biaya tambahan.

Jika sekiranya kamu memiliki pertanyaan atau tambahan lain mengenai langkah-langkah dalam pembelian atau penjualan reksa dana di Tokopedia, silakan tuliskan itu dikolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap