Pengalaman Investasi Reksadana di Tokopedia

Pengalaman Investasi Reksadana di Tokopedia

Banyak sekali tempat atau layanan yang bisa digunakan untuk menabung uang secara instant. Baik itu melalui dompet digital, bank terdekat, atau justru meng-investasikannya ke reksa dana. Dan saat ini jenis reksa dana paling aman untuk dipakai dalam jangka waktu dekat atau lama adalah jenis pasar uang.

Pertumbuhan investasi pada reksa dana pasar uang memang sedikit, namun itu aman dipakai untuk menabung, dan saya pun menggunakan itu pada Tokopedia. Sekiranya sudah 2 tahun saya menabung disana dan ingin membagikan pengalaman saya.

Satu-satunya tujuan saya menabung pada reksa dana pasar uang ini karena pertumbuhannya yang sedikit lebih tinggi dibanding bunga yang ada di bank. Dan pada saat itu, saya tertarik untuk menggunakan layanan investasi di Tokopedia karena prosesnya yang mudah.

Pendaftaran Reksa Dana Tokopedia Terbilang Mudah dan Cepat

Pada tahun 2020, proses pendaftaran hanya membutuhkan foto KTP saja dan mengisi informasi detail pada formulir yang disediakan. Kemungkinan besar sampai sekarang masih sama saja. Dan proses persetujuannya memakan waktu sekitar 24 jam.

Jadi ketika akun telah disetujui, saya mendapatkan email terkait hal tersebut yang menyatakan bahwa reksa dana telah aktif dan siap untuk digunakan menabung. Dan pada hari itu juga, saya langsung menabung melalui saldo OVO.

Karena dulu 2020 Tokopedia bekerja sama dengan OVO, hingga pada akhirnya berpisah pada tahun 2022 dan kini mereka bekerja sama dengan GoPay. Dan sampai sekarang proses untuk menabungnya masih sama mudahnya.

Proses Menambung atau Pembelian Reksa Dana Juga Mudah

Pembelian reksa dana hanya perlu beberapa klik saja. Saya lebih sering menggunakan dompet digital dalam menabung. Baik itu melakukannya dari perangkat PC atau ponsel, semuanya mudah untuk dilakukan.

Dari pengalaman saya sendiri, saya lebih sering melakukannya dari ponsel. Jadi ketika ada uang sisa pada dompet digital, biasanya saya gunakan itu untuk menabung. Apalagi minimal pembelian reksa dana adalah 10 ribu rupiah.

Pembelian akan diproses sekiranya 3 hari kerja. Jadi misalnya membeli pada hari Jumat, maka akan diproses mulai dari hari Senin.

Reksa Dana Bisa Dicairkan Secara Instan

Khusus untuk reksa dana pasar uang dapat dicairkan secara instan. Jadi kapan pun membutuhkan uang, bisa dijual dan langsung ditarik ke rekening bank pada hari itu juga. Untuk reksa dana obligasi masih kurang tahu, karena kondisinya saya sedang tidak menggunakan itu.

Berbeda dengan pembelian yang prosesnya membutuhkan 3 hari kerja, justru penjualan reksa dana dapat berlangsung instan pada hari itu juga. Pastinya ini sangat berguna bagi seseorang yang misalnya membutuhkan dana darurat pada hari itu.

Rata-Rata Keuntungan Menabung di Reksa Dana Tokopedia

Dari dua tahun terakhir, saya mendapatkan keuntungan rata-rata sekitar 5% dari total menabung. Itu adalah hal normal untuk jenis reksa dana pasar uang, dan berikut ini gambarannya:

Pendapatan dari Reksadana Tokopedia

Reksa dana pasar uang pada Tokopedia saat ini suku bunganya menurun dari 6% menjadi sekitar 3% per tahunnya. Jadi silakan coba pikir-pikir dahulu sebelum memulainya. Atau gunakan simulasi yang disediakan langsung oleh Tokopedia apabila ingin mengetahui hasilnya.

Setiap Transaksi Reksa Dana Akan Direkam oleh KSEI

KSEI adalah singkatan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. Segala kepemilikan produk investasi terkait reksa dana akan direkam disana. Pada awal kalinya, pengguna akan dikirimi pesan email dan diminta untuk membuat akun disana.

Baik itu pembelian atau penjualan reksa dana akan di-monitoring langsung selama ada perubahan dari bank kustodian, dan tentunya pengguna akan mendapatkan pesan email terkait hal tersebut.

Tokopedia Mengirimkan Informasi Laporan Bulanan Reksa Dana

Setiap tanggal 1 per bulan, Tokopedia akan mengirimkan pesan email terkait laporan keuntungan reksa dana. Bagi saya, pemberitahuan itu sangat membantu untuk mengingatkan saya untuk menabung. Jadi biasanya ketika ada notif tersebut, entah kenapa rasanya saya ingin mulai menabung uang sisa pada hari itu juga.

Baca juga: Cara Beli dan Jual Reksa Dana di OVO

Akhir Kata

Satu-satunya tujuan saya dalam menggunakan reksa dana pasar uang di Tokopedia adalah untuk menabung. Jadi saya kurang yakin apakah layanan ini terbilang bagus untuk orang lain, karena siapa tahu layanan yang lain jauh lebih baik.

Namun yang saya suka dari Tokopedia adalah layanan supportnya yang tanggap. Jadi ketika ada masalah, biasanya itu akan cepat direspon. Tapi yang tidak saya suka adalah tidak semua masalah kadang terselesaikan dengan benar. Tapi itu bukan terkait reksa dana, melainkan terkait pembelian produk lain.

Saya tidak expert dalam bidang investasi, apalagi jika bermain saham. Jadi tulisan ini murni berdasarkan pengalaman menabung saya yang pada akhirnya meraih beberapa persen keuntungan dalam dua tahun semenjak 2020

Pada awal kali mencoba, saya sampai terus melihat pertumbuhannya setiap hari, hingga pada akhirnya terbiasa melupakannya dan membiarkannya tumbuh, dan hanya melihat perkembanggannya per bulan dari laporan email. Mungkin kamu juga akan melakukan hal yang sama.

Cukup itu saja pengalaman yang bisa saya bagikan ketika menggunakan layanan reksa dana di Tokopedia. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar pembahasan diatas atau mungkin ingin berbagi pengalaman juga, boleh langsung menuliskannya pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.