Cara Mengatasi Password Salah Saat Masuk di Spotify

Cara Mengatasi Password Salah Saat Masuk di Spotify

Spotify adalah platform musik streaming yang sangat populer di dunia. Terdapat berbagai macam kelebihan yang disediakan pada aplikasi musik streaming tersebut, terlebih lagi ketika pengguna membeli paket premium.

Spotify pun pernah mengalami kebocoran data yang berimbas terhadap banyaknya informasi login pengguna, termasuk email, password, dan lainnya. Hal inilah yang membuat Spotify kini memiliki keamanan yang terbilang ketat.

Barangkali kamu pernah mengalami kondisi dimana akun Spotify tidak bisa dibuka secara tiba-tiba, dan pada layar muncul tulisan “Username atau Password salah” sedangkan kamu tidak merasa melakukan pergantian password pada akhir-akhir ini. Hal ini terkadang juga disebabkan dari sisi keamanan Spotify itu sendiri.

Password di Spotify Salah Padahal Tidak Pernah Menggantinya

Tentunya hal seperti ini akan menjadi sebuah pertanyaan. Mengapa password yang biasa dipakai masuk tiba-tiba tidak bisa digunakan? Tapi jangan pikir negatif dulu, karena dari banyaknya kasus, masalah ini terjadi akibat sistem Spotify yang mengubah password kamu demi keamanan akun.

Inilah yang saya maksud dari keamanan yang ketat tadi. Dimana ketika sistem Spotify mendeteksi adanya proses masuk yang mencurigakan, maka sistem akan langsung mengubah password terhadap akun tersebut dan pemilik akun pun akan menyadari bahwa ia tak bisa masuk ke akun sesaat aplikasi meminta pengguna untuk masuk ulang.

Sistem akan mengirimkan pesan melalui email yang menyatakan bahwa kata sandi akun telah diganti karena adanya tindakan yang mencurigakan saat memasuki akun. Dan pada pesan tersebut juga diberikan opsi untuk membuat password yang baru. Berikut ini contoh emailnya.

Email dari Spotify Mengenai Pergantian Sandi

Saat setelah pembuatan sandi yang baru telah berhasil, kini kamu pasti bisa masuk kembali ke akunnya tanpa ada masalah.

Baca juga: Cara Mengubah Cover Playlist Spotify dengan Gambar Sendiri

Penyebab Password Diubah oleh Sistem Spotify

Walau diatas tadi sudah jelas bahwa penyebabnya akibat tindakan masuk yang mencurigakan, tapi barangkali kamu ingin mengetahui secara spesifik terkait hal tersebut. Dan berikut ini ciri-ciri tindakan yang mencurigakan tersebut:

  • Masuk dari Lokasi Negara yang berbeda.
  • Masuk dari perangkat yang berbeda.
  • Menggunakan VPN atau Proxy untuk masuk ke akun.
  • Melakukan perubahan Negara pada akun.
  • Mengizinkan banyak aplikasi pihak ketiga dalam waktu dekat.

Selain diatas mungkin masih ada beberapa hal lagi yang menimbulkan sistem mendeteksi kejanggalan pada akun. Dan rata-rata ketika sistem mengirimkan pesan email terkait perubahan sandi ini, pengguna yang memasuki akun tersebut berhasil digagalkan.

Jadi apabila misalnya kamu baru saja berganti ponsel untuk masuk ke akun Spotify, maka hal ini pun bisa saja terjadi. Atau barangkali kamu sering menggunakan jaringan VPN, tentunya sistem akan langsung menganggap itu sebagai tindakan mencurigakan.

Kesimpulan

Password yang tiba-tiba diubah oleh sistem Spotify ditujukan untuk mengamankan akun dari percobaan masuk yang tidak wajar. Tapi pengguna masih dapat memulihkan akun tersebut dengan cara menekan tombol yang dikirimkan dari pesan email dan segera membuat password yang baru.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.