≡ Menu

Cara Mereset Ulang Situs WordPress dengan Cepat

Cara Mereset Ulang Situs WordPress dengan Cepat

Melakukan testing terhadap situs berbasis WordPress kini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Seperti memasang tema, plugin, dan lain-lain tanpa takut bermasalah. Itu karena kamu bisa mengembalikan situs tersebut menjadi semula. Jadi tidak perlu melakukan re-install WordPress lagi.

Pada dasarnya tidak ada fitur untuk mereset situs pada WordPress, namun kamu dapat melakukan hal tersebut dengan bantuan plugin. Kinerja dari plugin tersebut adalah mereset database, sehingga segala pengaturan dan juga hal-hal lain kecuali informasi admin akan terhapus.

Dan ada beberapa plugin yang memiliki kemampuan seperti ini. Namun disini hanya akan saya bagikan satu plugin saja, yaitu bernama WordPress Reset. Dan apabila kamu ingin tahu cara menggunakan plugin tersebut, silakan lanjutkan untuk menyimak tulisan ini.

Cara Reset Situs WordPress Supaya Kembali Seperti Semula

Perlu kamu tahu sebelumnya bahwa tutorial yang dibagikan dibawah ini akan mereset situs WordPress yang kamu pakai. Salah satunya adalah menghapus seluruh postingan dan juga halaman yang pernah dibuat. Namun cara ini tidak akan menghapus informasi akun dan file yang pernah diunggah sebelumnya. Jadi seperti tema dan plugin akan tetap ada, namun itu tidak aktif setelah direset.

Berikut ini tata cara mereset situs WordPress:

  1. Buka dasbor WordPress.
  2. Kemudian pasang dan aktifkan plugin baru bernama WordPress Reset.

    Pasang Plugin WordPress Reset

  3. Setelah plugin telah aktif, silakan menuju menu Tools dan pilih Reset.

    Klik Menu Tools dan Pilih Reset

  4. Selanjutnya ketik teks “reset” pada kolom.

    Mereset Situs WordPress

  5. Dan lanjutkan klik tombol Reset.
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai, dan akhirnya situs WordPress berhasil dikembalikan seperti semula.

Seketika semuanya kembali seperti sedia kala. Baik itu dari postingan “Halo Dunia” dan seluruh plugin pun tidak ada yang aktif. Seperti yang saya katakan diatas, bahwa plugin ini hanya mereset pada sisi database saja, jadi segala file akan tetap sama seperti sebelumnya.

Baca juga: Cara Menambah dan Mengubah Tema di WordPress

Kesimpulan

Plugin WordPress Reset memiliki kinerja yang bagus dalam mengembalikan situs kembali seperti awal tanpa ada masalah satu pun. Namun di lain sisi juga ada beberapa plugin lain yang memiliki fitur yang lebih banyak, misalnya mampu menghapus media, tema, dan plugin sekaligus.

Menurut saya plugin WordPress Reset lebih cocok diterapkan ketika melalukan testing terhadap tema ataupun plugin. Contohnya melakukan impor konten demo dari tema yang dipakai. Jadi ketika ingin meng-impor konten demo yang lain, kamu harus mereset terlebih dahulu supaya tidak bermasalah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment