Cara Mengetahui Umur Akun Google (Tanggal Pembuatan)

Pernahkah kamu memikirkan sejak kapan akun Google yang dimiliki itu dibuat? Pastinya akan sangat sulit untuk menyimpulkan dalam bentuk tanggal dan bulan, sebab kebanyakan pengguna hanya mengetahui tahun pembuatannya saja.

Pada dasarnya tanggal lengkap pembuatan akun ini sangat penting sekali untuk disimpan, karena Google akan meminta detail ini ketika hendak memulihkan akunnya apabila sekiranya kamu lupa sandi dan kebetulan tidak memasang nomor ponsel pada akun tersebut.

Jadi untuk melepas rasa penasaran kamu terhadap tanggal pembuatan akun Google, di artikel ini akan saya bagikan cara termudah untuk mengetahuinya. Tentunya kamu bisa melihat tanggal lengkap, dari hari, bulan, dan tahun.

Melihat Umur atau Tanggal Pembuatan Akun Google

Untuk mengetahuinya sangatlah mudah, kamu hanya perlu melihat kapan email yang digunakan mulai aktif. Sebab pembuatan akun Google pastinya melibatkan alamat email, jadi cara yang dibagikan disini akan merujuk pada layanan GMail.

Berikut ini cara lengkap untuk melihat umur akun Google:

  1. Buka Web Gmail.
  2. Klik opsi Pengaturan (ikon roda gigi).

    Klik Pengaturan di Gmail

  3. Kemudian klik menu Lihat Semua Setelan.

    Menuju Semua Setelan Gmail

  4. Setelah itu menuju menu Penerusan dan POP/IMAP.

    Klik Menu Penerusan POP atau IMAP

  5. Lalu perhatikan pada bagian Status: POP diaktifkan. Disampingnya terdapat tanggal pembuatan akun Google kamu.

    Mengetahui Umur atau Tanggal Pembuatan Akun Google

Selama kamu tidak pernah mengubah setelan POP/IMAP di akun Google, misalnya menggunakan domain untuk akun gmail, maka pasti tanggal yang tertera disana sangat akurat terhadap hari pembuatan akun Google.

Baca juga: Cara Mengetahui Tanggal Pembuatan Akun Facebook

Kesimpulan

Pada dasarnya Google tidak menyediakan halaman khusus untuk mengetahui tanggal pembuatan akun, jadi cara satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah mengecek kapan alamat email yang dipakai mulai aktif sesuai tutorial diatas.

Dan tutorial diatas diterapkan dari Web Gmail melalui perangkat desktop. Jadi apabila kamu saat ini menggunakan ponsel, silakan masuk ke web Gmail melalui browser Google Chrome, dan kemudian cukup ikuti langkah diatas.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.