≡ Menu

Cara Menonton IPTV di Windows 10 Paling Mudah

Cara Menonton IPTV di Windows 10 Paling Mudah

Terdapat banyak sekali layanan IPTV yang ada di internet, bahkan dari server Indonesia pun juga banyak yang menjual di toko online. Sebagian dari mereka menyediakan akses gratis uji coba untuk mengetahui channel yang dimiliki terhadap layanan tersebut sebelum mulai untuk membelinya.

Biasanya saat berlangganan, kamu akan diberikan akses berupa tautan atau link yang memiliki format file M3U, namun beberapa orang kebingungan untuk memutarnya, sehingga tak ada cara untuk mencoba layanannya.

Tapi tak usah khawatir, karena disini akan Saya bagikan cara termudah untuk menonton IPTV melalui komputer Windows 10. Pastinya ini membutuhkan program pihak ketiga, tapi dijamin kamu akan mendapatkan kenyamanan yang sangat baik dalam menonton segala channel tanpa ada hambatan.

Tutorial Menonton IPTV pada Windows 10

Sebenarnya ada beberapa program pemutar video populer yang juga mendukung untuk melakukan streaming file dengan format M3U, contohnya seperti VLC Player, hanya saja menurut saya itu kurang begitu bagus dalam melakukan streaming.

Jadi disini saya lebih menyarankan untuk memasang aplikasi bernama Universal IPTV. Silakan pasang aplikasi tersebut melalui Microsoft Store. Dan apabila sudah dipasang, silakan ikuti langkah dibawah ini untuk menggunakan aplikasi tersebut dan memulai untuk menonton channel yang tersedia.

  1. Buka Universal IPTV.
  2. Klik ikon Pengaturan dibagian kiri bawah.

    Klik Ikon Pengaturan

  3. Selanjutnya tempelkan URL M3U pada kolom yang disediakan.

    Cara Menonton IPTV pada Windows 10

  4. Kemudian klik tombol Refresh.
  5. Tunggu proses memuat sampai selesai.
  6. Jika sudah selesai, kembali ke Beranda dan pasti channel sudah muncul semua.
  7. Untuk menontonnya, klik salah satu channel. Kemudian tunggu proses streaming dimulai.

Aplikasi ini sangat ringan untuk digunakan, dan bahkan bisa langsung memuat dari file M3U, alias tidak hanya dari URL saja. Dan walaupun aplikasi ini memiliki iklan didalamnya, namun itu tidak mengganggu dan hanya muncul pada bagian Beranda saja.

Minimum Kecepatan Internet yang Dibutuhkan

Jika suatu channel menghadirkan video dengan resolusi HD, maka 10Mbps pastinya sudah cukup untuk memutar itu tanpa adanya buffering. Sementara itu untuk video dengan resolusi Full HD, pastinya akan membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi, sekitar 20Mbps supaya lancar.

Sebagian layanan IPTV juga menyediakan video dengan resolusi SD, yang mana ini bisa ditonton dengan baik ketika kecepatan internet sedang tidak stabil. Namun ketahui juga bahwa lancar tidaknya suatu streaming juga bergantung dari kestabilan server IPTV itu sendiri.

Baca juga: Cara Mengetes Kecepatan Internet dengan Mudah

Kenapa Suatu Channel IPTV Hanya Loading Saat Diputar?

Masalah ini biasanya hadir hanya pada sebagian channel saja, dimana servernya yang mengalami kendala dan bukan karena perangkat yang kamu pakai. Solusinya adalah menghubungi layanan IPTV dan memberitahukan kepada mereka bahwa terdapat channel yang tak bisa ditonton.

Jika pun layanan IPTV yang kamu gunakan memiliki beberapa server negara, silakan pilih yang Asia supaya latensi yang didapat lebih kecil dan pastinya menonton suatu streaming tidak perlu menunggu waktu buffering yang lama, seperti bergonta-ganti channel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap