Cara Mengetahui Lama Pemakaian HP Android (Usia Ponsel)

Cara Mengetahui Lama Pemakaian HP Android (Usia Ponsel)

Setiap orang tak bisa selalu mengingat kapan ia mulai menggunakan ponsel yang sedang digunakan saat ini. Mungkin sebagian hanya mengingat tahun pembelian ponsel tersebut, namun masih kurang yakin tentang tanggal dan bulan ponsel itu mulai diaktifkan.

Di semua ponsel Android, terdapat catatan sistem mengenai kapan ponsel tersebut pertama kali diaktifkan. Dengan begitu kamu dapat mengetahui lama pemakaian ponsel atau umur ponsel tersebut. Namun catatan tersebut tidak dihadirkan di Pengaturan, melainkan melalui cara khusus.

Cara khusus ini menggunakan kombinasi kode USSD. Dimana ketika itu diketik pada papan panggilan, akan muncul beberapa informasi mengenai ponsel tersebut, termasuk sejak kapan ponsel itu mulai digunakan pertama kali.

Cara Mengecek Kapan Ponsel Android Mulai Diaktifkan

Tak perlu memakai bantuan aplikasi, karena seperti yang saya katakan diatas bahwa cara ini memakai kode USSD. Jadi ini nyaris sama seperti mengecek alamat IMEI pada ponsel. Penasarean bagaimana caranya? Silakan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama-tama silakan buka papan panggilan (dial-pad).
  2. Kemudian ketik *#12580*369#.
  3. Lalu akan muncul sebuah dialog.
  4. Perhatikan pada bagian RFCall, disampingnya adalah tanggal kapan ponsel tersebut diaktifkan.

    Mengecek Usia Ponsel Android

Dengan mengetahui tanggal kapan ponsel itu mulai aktif, kini kamu bisa langsung mengkalkulasi umurnya saja. Format tanggal yang ditampilkan adalah TahunBulanHari, jadi sebagai contoh gambar diatas adalah 20180716.

Dan cara ini juga bisa kamu terapkan ketika hendak membeli ponsel Android baru, yaitu mengetahui apakah ponsel tersebut benar-benar baru atau pernah digunakan sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengecek Denyut Jantung Melalui Ponsel Android

Apakah Informasi Tanggal Usia Ponsel Akurat?

Ya, selama kamu tidak pernah melakukan perubahan terhadap sistem, sebagai contohnya berganti ROM, pastinya tanggal usia yang ditampilkan akan akurat dan tidak akan salah sedikitpun.

Sebab jika ponsel sudah di-root dan kebetulan kamu melakukan perubahan yang signifikan pada sistem, maka kemungkinan tanggal yang ditampilkan disana akan berganti. Sama halnya seperti berganti IMEI, itu kebanyakan dapat dilakukan pada perangkat yang telah di-root saja.

Jadi kesimpulannya apabila ponsel kamu tidak pernah di-root atau di-flash sama sekali, maka bisa dipastikan tanggal yang ditampilkan disana 100% akurat dari sejak kamu mulai menggunakan ponsel tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.