≡ Menu

Cara Share Lokasi atau Shareloc di WhatsApp

Cara Share Lokasi di WhatsApp

Setiap tahun selalu ada fitur baru yang ada di WhatsApp, yang memungkinkan semua pengguna tetap betah menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi. Fitur percakapan yang ada di WhatsApp juga terbilang lengkap, dan bahkan pengguna juga bisa membagikan lokasi saat ini kepada teman sekitar.

Membagikan lokasi atau yang biasa disebut “shareloc” merupakan cara termudah untuk memberikan akses lokasi pengguna saat ini secara akurat. Sehingga penerima dapat mengetahui lokasi pengguna melalui aplikasi maps yang digunakan.

Contohnya seperti memberikan lokasi kepada pengantar paket (kurir) supaya mereka bisa menemukan rumahnya dengan mudah tanpa salah alamat.

Cara Share Lokasi (Shareloc) di WhatsApp

  1. Pada percakapan WhatsApp, ketuk ikon Lampiran.

    Ketuk Ikon Lampiran

  2. Kemudian pilih menu Lokasi.

    Pilih menu Lokasi

  3. Tunggu sampai Peta menunjukkan lokasi kamu saat ini.

    Menunggu Peta Muncul

  4. Dan jika sudah, ketuk opsi Kirim lokasi Anda saat ini.

    Ketuk Opsi Kirim Lokasi Anda Saat Ini

  5. Selesai, kini penerima pesan tersebut dapat mengetahui lokasi kamu sekarang dengan akurat.

    Cara Share Lokasi di WhatsApp

Penting untuk menunggu peta sampai ter-muat sebelum menekan opsi kirimkan lokasi. Hal tersebut supaya lokasi yang didapatkan bisa akurat. Kamu juga dapat melihat lokasi kamu saat ini pada bagian radar berwarna biru. Dan itulah yang nantinya akan dikirimkan.

Mengapa Muncul Notif GPS Tidak Aktif?

Sebagian pengguna mungkin mengalami masalah dimana notif “GPS tidak aktif” secara tiba-tiba. Hal tersebut disebabkan karena fitur Lokasi pada ponselnya tidak sedang dihidupkan. Jadi solusinya adalah menghidupkan lokasi tersebut.

Ketika kamu menekan opsi OK setelah notif itu muncul, pastinya akan langsung dialihkan ke pengaturan lokasi. Jadi silakan aktifkan fitur lokasi disana dan kemudian kembali ke WhatsApp, kemudian ulangi langkah diatas.

Baca juga: Begini Cara Lindungi WhatsApp dengan Sidik Jari

Solusi Share Lokasi Tidak Akurat pada WhatsApp

Jika lokasi yang kamu bagikan tidak akurat, itu tandanya setelan lokasi pada ponselnya diatur sebagai hemat baterai. Jadi solusinya adalah mengubahnya menjadi mode sangat tinggi.

Silakan menuju ke Pengaturan > Lokasi. Dan pada opsi Tingkat Akurasi silakan atur sebagai Tinggi.

Mengaktifkan Lokasi Akurasi Tinggi untuk WhatsApp

Mungkin pada sebagain ponsel memiliki menu yang berbeda, namun setelan akurasi lokasi memang berada disana. Dan terkadang kamu juga diminta untuk mengaktifkan Bluetooth atau WiFi untuk mendeteksi lokasi lebih akurat lagi.

Apabila ada hal lain yang ingin ditanyakan mengenai share lokasi di WhatsApp, silakan untuk berkomentar langsung pada kolom yang telah disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment