≡ Menu

Cara Mengubah Aplikasi Default Pemutar Musik di Windows 10

Cara Mengubah Aplikasi Default Pemutar Musik di Windows 10

Windows memiliki pemutar musik bawaan bernama Musik Groove. APlikasi tersebut cukup bagus dan memiliki tampilan yang responsive layaknya pemutar musik pada ponsel. Tetapi terdapat banyak kekurangan jika dibandingkan dengan yang lain.

Banyak pengguna yang lebih suka terhadap aplikasi pemutar musik yang lain karena memiliki fitur yang lebih banyak dan juga tampilannya yang bisa diubah-ubah. Sebagai contohnya adalah Winamp dan AIMP.

Untuk itu, bukankah lebih baik untuk mengubah pemutar musik utama tersebut menjadi aplikasi yang disukai? Dengan begitu setiap kali kamu memutar file Mp3 akan langsung membuka aplikasi media player sesuai yang diharapkan.

Mengganti Aplikasi Default Pemutar Musik Windows 10

Ini tidak sulit dan sama halnya seperti mengubah aplikasi peramban bawaan. Semua itu bisa kamu lakukan dari pengaturan. Dan berikut ini cara lengkapnya, silakan disimak dibawah ini.

  1. Silakan buka Windows Settings.
  2. Kemudian klik menu Apps.

    Klik Menu Apps

  3. Setelah itu klik menu Default Apps.

    Klik Default Apps di Windows

  4. Pada bagian Music Player silakan ubah dengan aplikasi pemutar musik yang diinginkan.

    Mengubah Aplikasi Default Pemutar Musik di Windows 10

  5. Selesai, kini aplikasi pemutar musik yang baru telah diatur sebagai default.

Kini tiap kali kamu memutar file musik melalui Explorer akan langsung ditujukan ke aplikasi pemutar musik yang telah diatur. Sehingga aplikasi Musik Groove tidak akan digunakan lagi mulai sekarang.

Dan apabila kamu tidak mengerti cara menuju Windows Settings, itu bisa dilakukan dengan mudah melalui tombol START dan kemudian menekan ikon Pengaturan yang ada disana.

Baca juga: Cara Mengatur Ekualiser pada iTunes atau Apple Music

Kesimpulan

Tak cuma pemutar musik bawaan saja yang banyak diganti, bahkan aplikasi lain seperti pemutar video pun juga kebanyakan memakai aplikasi lain. Hal tersebut karena fitur yang ditawarkan oleh Windows terlalu minimalis dan tidak ada perkembangan besar terhadap fiturnya.

Dan satu lagi sebelum mengakhiri artikel ini. Yaitu seluruh ikon pada file audio, baik itu Mp3, AMR, AAC, dan sebagainya kemungkinan akan berganti mengikuti pada program yang dipakai. Sebagai contohnya apabila memakai Winamp, ikon file mp3 akan berubah menjadi warna biru. Jadi tak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap