Cara Nonton Video Bareng Teman dari Jarak Jauh

Cara Nonton Video Bareng Teman dari Jarak Jauh

Menonton video akan terasa lebih menyenangkan jika bersama teman di sekitar. Contohnya seperti menonton film yang sedang trending saat ini, karena keseruan akan semakin bertambah. Tapi pernahkah kamu memikirkan cara untuk nobar video melalui perangkat masing-masing secara jarak jauh?

Walau kita tahu aktivitas nobar biasanya melibatkan layar lebar, baik itu televisi atau proyeksi, namun untuk saat ini semua orang bisa nonton video bareng di perangkat masing-masing yang dimiliki secara real-time tanpa ada delay untuk host atau para pemirsa.

Bagaimana Cara Nobar Video Jarak Jauh Secara Online?

Cara ini menggunakan bantuan layanan yang memberikan fasilitas sejenis virtual browser. Jadi ini bukan melakukan screensharing, karena hal tersebut biasanya akan mengakibatkan delay untuk host. Dan ada banyak sekali layanan yang bisa dicoba.

Di ponsel maupun di laptop, terdapat layanan yang berbeda-beda. Jadi disini saya ingin membagikan dua cara, dimulai dari perangkat ponsel (Android), dan kemudian laptop (Windows). Kamu bisa memilih perangkat apa yang ingin dipakai untuk nobar nantinya.

Tutorial Nonton Bareng di Ponsel Masing-Masing

  1. Pasang aplikasi bernama Rave di Play Store.

    Memasang Aplikasi Rave Watch Party

  2. Setelah itu buka aplikasinya dan daftar menggunakan akun Google atau Facebook supaya cepat.
  3. Apabila sudah, ketuk tombol Tambah untuk membuat room.

    Ketuk Tombol Tambah

  4. Dan pilih platform video yang ingin dipakai, misalnya Youtube.

    Pilih Platform Video

  5. Setelah itu cari videonya dan putar.
  6. Kemudian ketuk pada opsi Bagikan untuk membagikan link undangan.

    Membagikan Link Undangan untuk Nobar

  7. Selesai, ketika ada teman yang masuk ke room, dia akan menonton video persis seperti yang kamu tonton sekarang.

Ibaratnya kamu memiliki grup di WhatsApp yang berisi teman-teman di sekitar, dan kamu ingin agar mereka bergabung menonton video yang sedang kamu lihat sekarang. Jadi yang harus dilakukan hanyalah mengundang mereka untuk masuk ke room yang telah kamu buat menggunakan fitur “bagikan ke whatsapp” yang ada di aplikasi Rave.

Jangan lupa untuk mengatur setelan privasinya, karena secara default itu diatur sebagai Umum. Kamu bisa mengubahnya menjadi Hanya Undangan apabila ingin supaya cuma teman saja yang bisa bergabung ke room tersebut.

Dan tentu saja, Rave mendukung fitur chat dan juga panggilan VOIP didalam room. Ini akan membuat suasana nobar jauh lebih berarti karena teman-teman bisa meng-ekspresikan dirinya pada momen tertentu didalam video.

Tutorial Nonton Bareng di Laptop Masing-Masing

Jika diatas tadi membahas tentang ponsel, kini saatnya khusus untuk laptop atau PC, dan caranya pun juga berbeda jauh. Jika di ponsel membutuhkan aplikasi tambahan, justru di PC hanya memerlukan browser saja untuk bisa nobar di sesama komputer/laptop.

Dan tak menunggu lama lagi, berikut ini caranya:

  1. Buka situs web Invited.tv.
  2. Selanjutnya daftar akun disana.
  3. Apabila sudah mendaftar, silakan masuk dan klik opsi Create a room.

    Klik Opsi Create a room

  4. Kini virtual browser akan terbuka. Silakan akses Youtube atau platform video yang diinginkan.

    Membuka Platform Video yang Diinginkan

  5. Selanjutnya salin link undangan yang tertera disana dan bagikan ke teman-teman.

    Salin Link Undangan untuk Nonton Video Bareng

  6. Dan apabila semua teman yang berpartisipasi sudah masuk, kamu bisa memutar videonya dan atur ke mode full screen.

Website Invited.tv hanya cocok dipakai untuk penggunaan laptop atau komputer karena interface virtual browser yang memang dikhususkan untuk tampilan desktop. Sedangkan di internet masih ada banyak sekali alternatif dari website ini, salah satunya adalah Hyperbeam dan Watchparty.

Sebagai pembuat room, kamu memiliki akses penuh untuk membatasi pengguna lain untuk mengontrol remote dari virtual browser. Jadi ketika ada seorang teman yang ingin mengontrolnya, misalnya memilihkan videonya, maka mereka harus izin terlebih dahulu ke pembuat room.

Adapun fitur Playback Delay yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya stuttering yang berlebihan. Jika ini diaktifkan, tentunya pemirsa dan juga pembuat room akan menonton video dengan sedikit keterlambatan sesuai detik yang telah diatur.

Baca juga: Cara Menonton IPTV di Windows 10 Paling Mudah

Akhir Kata

Melakukan nobar terhadap video atau musik apapun bisa dilakukan jarak jauh secara online. Jadi ke manapun kamu pergi, aktivitas nobar bersama teman-teman masih bisa dilakukan tanpa terbatas lokasi.

Jika kamu mengalami kesulitan terhadap tutorial yang saya bagikan diatas, silakan untuk menuliskan keluhannya di kolom komentar untuk mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.