≡ Menu

3 Cara Mengubah Alamat IP pada Jaringan 4G

3 Cara Mengubah Alamat IP pada Jaringan 4G

Pada dasarnya alamat IP setiap pengguna dapat berubah-ubah setiap beberapa waktu. Khususnya pada jaringan 4G, alamat IP yang kamu dapatkan tidaklah selalu menetap. Dan semua pengguna pun bebas mengecek alamat IPnya dengan mudah melalui situs web, atau melalui halaman Google sekalipun.

Tapi menggunakan jaringan 4G berbeda dengan 3G, dimana ketika kamu benar-benar ingin mengganti alamat IP, itu tidak akan bisa dilakukan dengan cara memutuskan koneksi kemudian menyambungkannya lagi. Justru jika melakukan hal tersebut, alamat IP yang didapatkan akan tetap sama.

Mengubah alamat IP di jaringan 4G dengan mudah adalah melakukan restart ponsel. Tapi selain ini juga ada cara lain yang juga tergolong mudah tanpa perlu restart perangkat. Mungkin kamu tertarik untuk mengetahuinya. Berikut ini ketiga cara tersebut:

1. Memanfaatkan Mode Pesawat

Fitur Mode Pesawat yang ada di ponsel berguna untuk memutuskan ponsel dengan segala jaringan yang sedang digunakan, itu termasuk jaringan kartu seluler pada ponsel. Dengan begitu kamu tak perlu me-restart ponsel memakai cara ini.

Untuk mengaktifkan mode pesawat sangatlah mudah, silakan buka panel notifikasi dan kemudian ketuk pada ikon pesawat. Kemudian tunggu beberapa saat sampai jaringan pada ponsel menghilang dan kemudian nonaktifkan mode pesawat dan cek kembali alamat IP. Pasti kini sudah berubah.

Mengaktifkan Mode Pesawat di Android

2. Berpindah ke Jaringan 3G/2G Secara Sementara

Cara ampuh yang kedua adalah mencoba berpindah ke jaringan 2G atau 3G secara sementara dan kemudian beralih lagi ke jaringan 4G. Ini sangat mudah dilakukan pada ponsel Android. Karena kamu hanya perlu menuju Pengaturan > Koneksi > Jaringan Seluler, lalu pada Mode Jaringan pilih sebagai 3G Only atau GSM Only.

Berpindah Jaringan untuk Mengubah Alamat IP

Jika sudah berpindah jaringan, tunggu sekitar 1 menit dan kemudian silakan pindah lagi mode jaringannya ke 4G. Setelah itu cek alamat IP saat ini, tentunya akan berubah dari sebelumnya.

3. Mengganti APN

Untuk cara ketiga ini saya jadikan sebagai alternatif dikarenakan sedikit ribet untuk dilakukan. Siapapun boleh menggunakan cara ini, namun ketahui juga bahwa kedua cara diatas juga sangat ampuh untuk dilakukan dalam mengubah alamat IP jaringan 4G.

Jadi dengan mengubah setelan APN yang berbeda, perangkat kamu sangat dipastikan akan mendapatkan alamat IP yang berbeda. Selama kamu tahu daftar APN yang cocok untuk kartu seluler yang dipakai, memungkinkan kamu akan mendapatkan IP unik tak seperti biasanya.

Mengubah APN di Android bisa dilakukan melalui menu Pengaturan > Koneksi > Jaringan Seluler > Nama Poin Akses (APN). Selanjutnya dibagian ini kamu dapat menambah atau mengubah dengan APN lain yang dimiliki.

Ubah Alamat IP dengan Cara Mengganti APN

Baca juga: Cara Mengetahui IP Publik dan Pribadi pada Linux

Antara ketiga cara diatas, tentunya saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara yang pertama, mengingat itu sangat mudah sekali dilakukan dibanding yang lainnya. Jadi dibanding melakukan restart ponsel, cukup lakukan langkah diatas jauh lebih cepat.

Dan sebagai tambahan, apabila kamu ingin cara tercepat dalam mengecek alamat IP publik saat ini, silakan ketikkan keyword “what is my ip” pada pencarian Google. Nantinya alamat IP kamu akan tampil pada hasil paling atas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap