≡ Menu

Cara Mengetahui IP Publik dan Pribadi pada Linux

Tahukah kamu bahwa ada dua jenis alamat IP yang berbeda pada suatu perangkat. Yang pertama adalah IP Publik, yang mana itu digunakan untuk menjelajahi internet. Dan yang kedua adalah IP Pribadi, yang hanya bisa digunakan untuk pengelolaan jaringan lokal saja.

Suatu perangkat bisa mendapatkan IP Publik yang sama ketika menyambung pada router yang sama. Namun tidak dengan IP Pribadi, meski menyambung pada router yang sama, IP yang didapat akan unik atau berbeda.

Pada sistem operasi Linux, ada banyak cara untuk mengetahui IP Publik dan Pribadi, semua itu bisa dilakukan dari Terminal. Dan berikut ini tata caranya.

Cara Mengetahui IP Publik dan Pribadi pada Linux

Mengetahui IP Pribadi di Linux

Ada banyak perintah yang bisa digunakan untuk mengetahuinya. Salah satunya yang pastinya bisa diterapkan pada seluruh OS Linux adalah perintah ifconfig. Jadi sekarang silakan buka terminal, dan kemudian ketik perintah dibawah ini.

ifconfig -a
Mengetahui Alamat IP Pribadi di Linux

Alamat IP Pribadi terletak pada bagian inet addr. Biasanya dimulai dengan angka 172 atau 192, tergantung dari setelan jaringan router. Dibawahnya juga muncul alamat IP localhost, yaitu 127.0.0.1, yang memiliki kegunaan yang nyaris sama dengan IP Pribadi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa perintah dibawah ini sebagai alternatif:

  • ip addr
  • hostname -I | awk ‘{print $1}’
  • ip route get 1.2.3.4 | awk ‘{print $7}’

Mengetahui IP Publik pada Linux

Selama perangkat memiliki akses internet, pastilah bisa melihat alamat IP Publik dengan mudah. Baik itu melalui browser atau bahkan melalui terminal sekalipun. Berikut ini perintahnya:

curl ifconfig.me
Mengetahui Alamat IP Publik pada Linux

Seketika alamat IP akan langsung ditampilkan pada terminal. Jadi perintah diatas menggunakan CURL untuk mengakses situs web ifconfig.me, adapun website serupa yang dapat melakukan hal yang sama, yaitu ident.me.

Selain memakai CURL, kamu juga bisa menggunakan perintah DIG untuk mengetahui alamat IP Publik. Silakan salin perintah tersebut dibawah ini:

dig +short myip.opendns.com @resolver1.opendns.com

Baca juga: Mengganti Alamat IP Melalui Command Prompt


Kini kamu telah mengerti tentang mengetahui alamat IP pada Linux. Namun apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan lain, jangan ragu untuk berkomentar pada kolom yang telah disediakan dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap