Cara Mengecek Informasi Alamat IP Secara Lengkap

Cara Mengecek Informasi Alamat IP Secara Lengkap

Alamat IP merupakan salah satu identitas pada perangkat ketika terhubung ke internet. Pada dasarnya alamat IP disediakan oleh ISP atau penyedia jaringan yang sedang digunakan, dan kebanyakan dari itu adalah IP dinamis, sehingga dapat berubah-ubah ketika perangkat di-restart.

Semua alamat IP publik telah terdaftar dan dapat dilihat secara terbuka terhadap segala informasinya melalui internet. Baik itu dari penyedia jaringan, lokasi, letak datacenter, dan sebagainya. Inilah mengapa beberapa website dapat mengenali lokasi kamu saat ini, karena mereka dapat membaca IP kamu pada saat memasuki website tersebut.

Walau alamat IP dapat diketahui informasinya secara akurat, namun itu tidak bisa dipakai untuk melacak keberadaan seseorang tanpa ada campur tangan dari penyedia internet. Sementara itu, untuk mengecek informasi rinci dari alamat IP, itu bisa dilakukan dengan mudah. Terus simak artikel ini untuk mengetahui caranya.

Tutorial Mengecek Informasi Alamat IP

Saat ini ada banyak situs web yang menyediakan layanan terkait pengecekan IP. Salah satu yang akan digunakan pada tulisan ini adalah IP Tracker. Situs tersebut memiliki database alamat IP yang akurat dan layanannya telah berdiri sejak tahun 2012. Berikut ini tata cara mengeceknya:

  1. Buka situs web IP Tracker.
  2. Pada kolom Enter an IP or Domain, silakan masukkan dengan alamat IP yang ingin di-cek.

    Masukkan Alamat IP untuk Dicek Informasinya

  3. Kemudian klik tombol Get An IP / Domain Info.
  4. Tunggu sebentar, dan informasi alamat IP lengkap akan tampil.

    Mengecek Informasi Alamat IP Secara Lengkap

Situs tersebut tak hanya menyediakan opsi untuk mengecek berdasarkan alamat IP saja, melainkan juga bisa berdasarkan domain atau website. Untuk alamat IP residential, informasi yang dihasilkan menurut saya cukup lengkap.

Informasi tersebut meliputi dari Kelas IP, Cek Blacklist, Lokasi Negara, Kota, ISP, hingga Garis Lintang dan Bujur (latitude & longitude).

Bisakah Melacak Seseorang Berdasarkan Alamat IP?

Di atas tadi saya telah menjelaskan bahwa melacak seseorang berdasarkan alamat IP tidak akan memungkinkan tanpa adanya campur tangan penyedia internet dan hukum. Itu karena para ISP melindungi privasi setiap penggunanya.

Apalagi jika seseorang tersebut memakai VPN, Proxy, atau Tunneling, yang mana sangat mustahil untuk diketahui keberadaannya.

Mengapa Ada IP yang Masuk Daftar Blacklist?

Suatu alamat IP juga dapat masuk blacklist alias daftar hitam karena reputasi berdasarkan pengguna yang sedang memakainya, atau pengguna sebelumnya. Reputasi IP dilihat dari tingkat kenormalan ketika berada di internet dan tidak melakukan hal-hal yang tidak wajar seperti aktivitas spam, botnet, atau hal ilegal lainnya.

Contoh layanan peneliti yang sering digunakan adalah SpamHaus. Namun pengguna bisa mengecek berdasarkan banyak layanan peneliti lainnya menggunakan situs web IP Blacklist Checker.

Baca juga: Cara Membuka Website yang Diblokir Tanpa VPN

Kesimpulan

Informasi alamat IP dapat diketahui secara akurat melalui internet dan bukan berarti bisa digunakan untuk melacak seseorang. Jadi informasi yang tertera tidak ditujukan kepada pengguna yang sedang memakai alamat IP tersebut, melainkan server/datacenter yang terletak pada alamat IP itu.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin kamu ingin menambahkan sesuatu yang lain terkait topik di atas, silakan untuk berkomentar pada kolom yang tersedia di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *