Cara Mengubah IP pada Droplet Digitalocean

Ada dua jenis alamat IP ketika membuat sebuah droplet pada Digitalocean, antara lain adalah lokal dan publik. Namun kebanyakan pengguna lebih mementingkan terhadap alamat IP Publik, karena itu sering dipakai untuk berbagai hal.

Contohnya seperti melakukan crawling, scraping, dan proxy, rata-rata itu membutuhkan alamat IP publik. Tetapi sayangnya pada Digitalocean, tidak ada fitur untuk mengubah alamat IP tersebut, melainkan pengguna bisa menambahkan IP yang baru.

Yaitu menambahkan Reserved IP. Itu merupakan alamat IP statis yang bisa diterapkan untuk segala droplet pada lokasi datacenter yang sama. Jadi IP statis ini dapat dipindah-pindahkan ke droplet lain selama itu pada server negara (datacenter) yang sama.

Terkait: Tutorial Membuat VPS atau Droplet di Digitalocean

Tutorial Mengubah Alamat IP Droplet Digitalocean

Dulunya Digitalocean menamai fiturnya sebagai floating IP, sedangkan saat ini telah berganti nama menjadi Reserved IP. Tetapi kegunaannya masih sama saja, dan yang terpenting dengan cara ini bisa dipakai untuk mengubah alamat IP tanpa harus membuat droplet baru lagi.

Berikut ini cara untuk menambah Reserved IP pada droplet di Digitalocean:

  1. Masuk ke akun Digitalocean.
  2. Menuju droplet yang ingin diganti alamat IPnya.
  3. Pada bagian Reserved IP, klik pada opsi Enable now.

    Membuat Reserved IP pada Digitalocean

  4. Dan kemudian klik pada tombol Assign Reserved IP.

    Mengubah Alamat IP Droplet Digitalocean

  5. Selesai, kini alamat IP baru akan ditampilkan untuk droplet tersebut.

    Alamat IP Baru untuk Droplet

Menurut saya, Reserved IP ini sangat cocok dipakai untuk keperluan website karena tidak perlu menggonta-ganti alamat IP ketika hendak berpindah droplet, selama itu menggunakan datacenter yang sama.

Apa yang Terjadi pada IP Lama Ketika Mengaktifkan Reserved IP?

Pada sebagian layanan VPS ketika mengaktifkan floating IP, biasanya alamat IP lama tidak akan bisa dipakai lagi, namun berbeda cerita jika pada Digitalocean. Justru droplet kini memiliki dua alamat IP yang dapat digunakan bersamaan.

Dan kamu memiliki akses penuh terhadap alamat IP tersebut, entah itu melepaskan pada droplet itu dan diterapkan ke droplet yang lain, atau langsung menghapusnya dan membuat yang baru.

Biaya Menggunakan Reserved IP

Reserved IP gratis untuk digunakan selama itu diterapkan pada suatu droplet. Sedangkan jika hanya sekedar disimpan, terdapat biaya sewa kurang lebihnya $0.006 per jam.

Jadi menurut saya, daripada disimpan tapi tidak terpakai, mungkin lebih baik untuk dihapus saja dan dilain hari membuat Reserved IP yang baru ketika ingin berganti alamat IP pada suatu droplet.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *