≡ Menu

Cara Menggunakan DNS Over HTTPS di Firefox

Cara Menggunakan DNS Over HTTPS di Firefox

DNS Over HTTPS (DoH) memiliki kegunaan untuk menjaga privasi pengguna ketika menjelah di internet dengan cara meng-enkripsi jaringan dari domain yang sedang dikunjungi. Ini berbeda dengan VPN, dimana Alamat IP yang kamu gunakan akan tetap dan tidak berubah.

Pada dasarnya di Windows 10 pun sudah bisa diterapkan DNS Over HTTPS, hanya saja untuk saat ini pengguna harus mengaktifkannya secara manual melalui registry. Sedangkan cara paling mudah untuk menggunakan DoH ini adalah melalui suatu browser.

Pada browser populer seperti Firefox, Chrome, dan Opera telah memiliki fitur untuk menggunakan DNS Over HTTPS. Secara default fitur ini tidak langsung aktif, tapi kamu bisa mengaktifkannya dan menyetel DNS tersebut sesuai yang diharapkan.

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Mozilla Firefox

Sesuai judul diatas, tutorial kali ini akan menjelaskan tata cara mengaktifkan DoH khusus untuk browser Firefox. Silakan langsung simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka Mozilla Firefox.
  2. Klik tombol menu Strip Tiga dibagian pojok kanan atas.
  3. Lanjutkan klik Pengaturan.

    Klik Pengaturan

  4. Kemudian gulir kebawah sampai menuju bagian Setelan Jaringan.
  5. Klik tombol Setelan.

    Klik Tombol Setelan

  6. Selanjutnya beri checklist pada opsi Aktifkan DNS Lewat HTTPS.

    Menggunakan DNS Over HTTPS di Firefox

  7. Pada kolom Penyedia, kamu bisa memilih layanan DNS yang diinginkan. Jika ingin mengaturnya sendiri, silakan pilih Khusus.

    Mengaktifkan DNS Over HTTPS pada Mozilla Firefox

  8. Tahap terakhir, silakan klik tombol Oke.

Supaya DoH pada Firefox berfungsi sepenuhnya, saya sarankan untuk me-restart browser tersebut dan kemudian mencoba mengakses suatu website kembali. jika tidak ada kendala ketika mengakses suatu website, berarti kamu telah berhasil mengaktifkan DoH pada Firefox.

Sementara itu jika situs web tidak bisa diakses, berarti kamu mengalami masalah ketika mengatur DoH. Silakan cek ulang terhadap layanan DNS yang kamu pilih. Pastikan itu telah diatur dengan benar, atau silakan coba memakai Cloudflare terlebih dahulu untuk memastikan itu berfungsi.

Baca juga: Cara Membersihkan DNS Cache pada Semua Perangkat

Kesimpulan

Tak cuma di perangkat komputer saja yang bisa mengaktifkan DNS Over HTTPS, bahkan di kebanyakan Android saat ini telah memiliki fitur ini. Di browser Firefox secara default layanan DNSnya diatur ke Cloudflare, namun kamu juga bebas mengaturnya secara manual.

Dan sebagai tambahan, DNS Over HTTPS ini juga bisa dipakai untuk membuka blokir akses internet lho. Jadi apabila suatu website telah diblokir oleh ISP yang kamu gunakan, maka menggunakan cara ini pastinya situs tersebut bisa dibuka tanpa ada masalah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap