Cara Menghapus Bookmark di Browser Opera PC

Cara Menghapus Bookmark di Browser Opera PC

Setiap browser pastinya memiliki fitur bookmark, untuk menambah halaman favorit yang sekiranya akan dikunjungi lagi nanti. Di Chrome, fitur tersebut ditandai dengan ikon bintang berwarna kuning, sedangkan jika pada Opera ditandai dengan ikon hati berwarna merah.

Biasanya seseorang membuat folder khusus pada bookmark untuk meng-organisir lebih mudah halaman/URL yang disimpan. Misalnya untuk dibaca nanti atau dipisahkan untuk keperluan tersendiri. Dan bookmark ini tersimpan pada data browser lokal, kecuali jika telah mengaktifkan fitur sinkronisasi, maka bookmark dapat tersimpan secara online.

Menghapus bookmark sebenarnya sangat mudah sekali, baik itu di Opera atau pada browser lainnya. Kamu bisa menghapus satu-per-satu atau bahkan banyak sekaligus. Dan disini akan saya bagikan bagaimana caranya.

Menghapus Bookmark pada Opera PC

Bookmark yang telah tidak terpakai bukankah lebih baik untuk dihapus? Apalagi jika ada ratusan, pastinya hal tersebut akan membuat browser menjadi berat ketika mengakses bagian bookmark nantinya. Dan berikut ini cara untuk menghapusnya:

  1. Buka browser Opera.
  2. Klik Menu, dan menuju Bookmarks. Atau bisa juga klik tombol CTRL+B pada keyboard.

    Menuju Bookmark di Opera

  3. Selanjutnya pilih bookmark yang ingin dihapus, silakan klik pada ikon centang untuk menyeleksi.

    Memilih Bookmark yang Akan Dihapus

  4. Apabila sudah, silakan klik tombol DEL atau DELETE pada keyboard.

    Klik Tombol DEL di Keyboard

  5. Setelah itu bookmark yang dipilih akan terhapus seketika.
  6. Cek juga pada folder Trash, dan klik pada tombol Empty Trash untuk menghapusnya secara permanen.

    Menghapus Permanen Bookmark di Opera

Setiap bookmark yang kamu hapus, rata-rata akan menuju folder trash terlebih dahulu sebelum itu dihapus permanen oleh sistem 30 hari sejak waktu penghapusan. Ini sama seperti Recycle Bin yang ada di Windows, sehingga pengguna tetap merasa aman meski salah dalam menghapus.

Baca juga: Cara Menyinkronisasi Browser Firefox untuk Banyak Perangkat

Solusi Bookmark Tidak Tampil

Ada kalanya kamu ingin menghapus bookmark, namun sayangnya bookmark tidak tampil sama sekali. Hal tersebut biasanya karena seluruh bookmark tersimpan pada folder lain, salah satunya bernama Other Bookmarks.

Tidak perlu khawatir, karena hal ini normal. Sebab rata-rata orang menyimpan suatu halaman dan langsung menekan ikon hati untuk menyimpan halaman tersebut tanpa menyetel masuk ke folder mana. Dan secara default, itu telah diatur pada folder Other Bookmarks ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.