≡ Menu

Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain

Google memiliki sistem yang sangat tinggi dalam melindungi segala akun pengguna. Setiap kali akun Google diakses oleh perangkat lain, sistem akan langsung mengirimkan pesan pada kota masuk di email. Namun untuk masuk ke akun pun kadang masih membutuhkan beberapa tindakan yang bertujuan untuk mengenali pemilik akun sebenarnya.

Akun Google yang ada di ponsel memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya bisa dipakai untuk mendaftar ke suatu website semacam sosial media. Jika sampai akun tersebut berada pada tangan orang lain, pastinya itu akan sangat beresiko.

Sebagai contohnya kamu menjual ponselnya ke orang lain dan kemudian lupa belum menghapus akun Google pribadi yang ada di ponsel tersebut. Tapi tak usah khawatir, karena Google memiliki fitur untuk menghapus akun tersebut dari perangkat yang dipilih, simak artikel ini untuk mengetahui caranya.

Mengeluarkan Akun Google dari Perangkat Lain

Maksud dari “menghapus” pada judul diatas adalah “mengeluarkan” (logout), jadi ini bukan berarti benar-benar menghapus akun tersebut. Nantinya ketika akun telah dikeluarkan, maka perangkat tersebut akan diminta untuk masuk ulang ke akun Google.

  1. Silakan masuk terlebih dahulu ke Akun Google melalui browser.
  2. Setelah itu klik menu Keamanan.

    Klik Menu Keamanan

  3. Gulir kebawah sampai bagian Perangkat Anda. Klik pada opsi Kelola Perangkat.

    Klik Kelola Perangkat

  4. Klik opsi titik tiga pada perangkat yang ingin dikeluarkan.

    Pilih Perangkat yang Ingin Dikeluarkan

  5. Setelah itu pilih Logout.

    Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain

  6. Akan muncul dialog konfirmasi, lanjutkan klik Logout.

    Mengeluarkan Akun Google di Perangkat Lain

  7. Selesai, akun Google berhasil dikeluarkan dari perangkat tersebut.

Ketika akun telah dikeluarkan pada perangkat tersebut, nantinya notifikasi akan muncul di perangkat itu yang mana meminta untuk masuk ulang ke akun Google. Cara diatas merupakan salah satu cara paling cepat untuk mengamankan akun ketika sedang diakses pada perangkat lain yang sekiranya tidak dikenal.

Jika akun kamu diakses oleh perangkat yang tidak dikenal, saya sangat menyarankan untuk mengubah sandi dan mengaktifkan autentikasi dua faktor supaya akun tersebut tetap aman dan tidak sampai disalahgunakan oleh orang lain.

Baca juga: Cara Mengubah Foto Profil Akun Google

Kesimpulan

Fitur untuk mengeluakan akun yang ada di Google juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan perangkat juga lho. Syaratnya perangkat tersebut harus terhubung dengan internet dan mengaktifkan lokasi/GPS supaya hasilnya akurat.

Dan segala perangkat yang pernah menggunakan akun Google yang kamu pakai juga akan terdeteksi disana. Dengan begitu kamu bisa mengelola perangkat mana saja yang terakhir kali aktif. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan lebih mengenai cara diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap