≡ Menu

Cara Mengaktifkan Ekstensi Browser di Mode Incognito

Setiap browser pastinya memiliki mode incognito atau bisa juga disebut sebagai mode pribadi. Fitur tersebut berfungsi layaknya sebuah sandbox, dimana segala situs web yang kamu kunjungi pada mode tersebut takkan disimpan pada riwayat browser.

Lebih tepatnya fitur tersebut khusus untuk melindungi privasi di internet dengan ketat, sebab beberapa opsi keamanan semacam anti-tracking biasanya langsung aktif ketika menggunakan mode incognito. Tapi bisakah di mode tersebut pengguna tetap menggunakan ekstensi?

Tentu saja masih bisa, semua peramban memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menggunakan ekstensi ataupun addon pada mode incognito sekalipun. Tapi ketahui juga bahwa keamanan privasi mungkin tidak akan se-ketat sebelumnya, disebabkan karena sebagian ekstensi kadang membawa script tracking didalamnya.

Cara Menggunakan Ekstensi Browser di Mode Incognito

Cara yang dibahas pada artikel ini ditujukan untuk seluruh browser, baik itu Firefox, Chrome, Opera, Brave, Microsoft Edge, dan lain-lain. Semuanya memiliki cara yang hampir sama, namun tampilannya saja yang sedikit berbeda.

Sebagai contoh disini saya ingin membuat ekstensi AD Block pada browser Chrome berfungsi di mode incognito. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka halaman Ekstensi pada browser.
  2. Klik pada ekstensi yang akan dipilih.

    Klik pada Ekstensi di Chrome

  3. Selanjutnya aktifkan pada opsi Izinkan dalam mode samaran.

    Menggunakan Ekstensi Browser di Mode Incognito

  4. Selesai, ekstensi tersebut telah berhasil diaktifkan untuk mode incognito.

Mulai sekarang kamu bisa lebih terbantu dengan ekstensi yang dapat dipakai pada mode incognito. Bahkan sebagian ekstensi juga telah memiliki dukungan khusus untuk mode incognito, seperti contohnya Tampermonkey.

Walau cara diatas diterapkan pada browser Chrome, tapi sebenarnya langkahnya tak begitu berbeda jika diterapkan pada browser yang lainnya. Apabila di Firefox pun juga nyaris sama, pengguna hanya perlu menuju halaman ekstensi dan memilih salah satu ekstensinya, kemudian pilih opsi Izinkan pada opsi Jalankan di Jendela Pribadi.

Mengaktifkan Ekstensi di Mode Incognito Firefox

Untuk browser yang lainnya, saya pastikan tata caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas.

Baca juga: Trik Membuat Folder Tanpa Nama di Windows 10

Kesimpulan

Banyak sekali ekstensi yang sangat berguna untuk digunakan setiap harinya. Dan dengan dukungan ekstensi pada mode incognito pastinya akan memudahkan pengguna untuk menelusuri internet dengan lebih nyaman.

Dan satu hal yang perlu kamu ingat kembali, bahwa suatu ekstensi pastinya masih dapat mencatat segala aktivitas browsing meski berada di mode incognito. Maka dari itu gunakan ekstensi yang benar-benar bebas dari fitur tracking supaya privasi kamu tetap terjaga.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap