Ini Dia Ekstensi Pemblokir Iklan Youtube Paling Ampuh di PC

Ini Dia Ekstensi Pemblokir Iklan Youtube Paling Ampuh di PC

Baru-baru ini Youtube menerapkan kebijakan baru untuk pengguna AD Block (pemblokir iklan) yang membatasi maksimal pemutaran video tiap harinya. Diketahui beberapa ekstensi pemblokir iklan populer telah ditandai sehingga dialog pembatasan ini akan muncul.

Namun tidak semua ekstensi pemblokir iklan ditandai oleh sistem Youtube, alias hanya beberapa yang terdeteksi. Dan kabar baiknya, ada ekstensi khusus yang bisa dipakai untuk memblokir iklan di Youtube saja, dan ini bisa didapatkan secara gratis. Ekstensi ini bernama Youtube Adblock.

Memasang Youtube Adblock di Browser

Pemasangan ekstensi dapat dilakukan dengan mudah melalui Webstore pada masing-masing browser. Jika browser berbasis Chromium seperti Opera, Edge, Brave, dan sebagainya, maka pengguna bisa menginstalnya langsung dari Chrome Webstore, begini langkah-langkahnya:

  1. Silakan menuju halaman Youtube Adblock di Chrome Webstore.
  2. Setelah itu klik tombol Tambahkan ke Chrome.

    Menambahkan Ekstensi Pemblokir Iklan Youtube di Chrome

  3. Lalu dialog konfirmasi akan muncul, klik pada tombol Tambahkan Ekstensi.

    Konfirmasi Penambahan Ekstensi Baru

  4. Dan selesai, ekstensi berhasil dipasang.

Sedangkan untuk pengguna Mozilla Firefox, tersedia addons yang nyaris serupa dan tentunya bekerja dengan maksimal untuk memblokir iklan di Youtube. Addons tersebut bernama AdBlocker for YouTube yang dikembangkan oleh AdblockLite. Untuk cara pemasangannya juga nyaris sama, cuma berbeda halaman saja.

Ekstensi Pemblokir Iklan Youtube untuk Mozilla Firefox

Apakah Boleh Menggunakan Pemblokir Iklan di Youtube?

Berdasarkan peraturan terbaru dari Youtube, penggunaan alat pemblokir iklan sebenarnya tidak diperbolehkan. Karena pada dasarnya Youtube sudah menyediakan paket Youtube Premium yang bebas iklan dan juga kaya akan fitur.

Akan tetapi peraturan ini kembali lagi pada hak pengguna di internet, di mana memakai alat pemblokir iklan merupakan kebebasan pengguna sekaligus untuk menjaga privasi lebih baik. Jadi apabila ekstensi saja yang tidak diperbolehkan, maka memungkinkan pengguna dapat beralih ke pemblokir iklan melalui VPN atau DNS khusus yang mana itu tidak akan terdeteksi oleh sistem.

Sementara itu, AD Block yang tertera di artikel ini memiliki fitur stealth mode yang memungkinkan sistem Youtube tidak akan mendeteksi pengguna sedang memakai alat pemblokir iklan. Jadi fungsional dari ekstensi tersebut adalah iklan akan muncul hanya sekejap dan segera di skip otomatis. Secara tidak sadar browser sudah menampilkan iklan, jadi ini tidak benar-benar memblokirnya.

Baca juga: Cara Mudah Memblokir Iklan di Aplikasi dengan DNS

Kesimpulan

Sekitar bulan Oktober di tahun 2023, Youtube mulai membatasi pengguna yang memakai alat pemblokir iklan untuk memenuhi kebijakan terbaru yang berlaku. Seluruh pengguna yang memakai ekstensi AD Block populer akan mendapati pesan dialog yang meminta untuk menonaktifkan ekstensi itu untuk terus bisa menonton video di Youtube. Maka dari itulah mengapa banyak pengguna mencari ekstensi AD Block khusus yang lebih kuat untuk melewati dialog pembatasan tersebut.

Mohon untuk diingat bahwa artikel ini dibuat untuk tujuan edukasi saja, dan tidak mendukung aktivitas yang merugikan pihak mana pun dalam segala bentuk.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *