≡ Menu

Cara Mengatasi Browser Firefox Sering Crash

Firefox merupakan browser yang ringan dan juga cepat dalam mengakses internet. Semenjak dirilisnya versi Quantum, browser ini semakin banyak peminatnya. Tapi ketahuilah bahwa tidak ada browser yang sempurna, dan seluruhnya pasti memiliki kekurangan tersendiri.

Di Firefox pun juga ada kekurangannya, salah satunya seperti crash saat membuka banyak tab sekaligus. Tapi kekurangan tersebut tentunya tidak dialami oleh semua orang, dan hanya pada beberapa orang saja.

Umumnya, crash pada browser bisa disebabkan karena memory perangkat (RAM) tidak memadai ketika hendak digunakan. Adapun hal lainnya seperti spesifikasi perangkat yang kurang mumpuni untuk dipakai membuka banyak tab sekaligus.

Mengatasi Browser Firefox yang Sering Crash

Disini akan saya bagikan beberapa solusi yang dapat kamu coba untuk mengatasi kendala ini. Sehingga membuka banyak tabs nantinya kamu tak perlu khawatir lagi sampai crash. Silakan ikuti beberapa caranya dibawah ini mulai dari yang pertama.

1. Perbarui Versi Browser Firefox

Apakah versi Firefox yang kamu gunakan telah mutakhir? Jika belum, ada baiknya untuk memperbaruinya terlebih dahulu. Setiap pembaruan Firefox mengusung beberapa perbaikan dan juga peningkatan kestabilitas terhadap perangkat. Maka dari itulah memperbarui versi Firefox ini sangatlah penting.

2. Matikan Fitur Hardware Acceleration

Fitur Hardware Acceleration sebenarnya bagus diaktifkan guna untuk menambah performa pada browser, akan tetapi hal tersebut bisa saja membuat browser menjadi crash apabila sistem perangkat tidak mau dipaksa untuk bekerja lebih.

Untuk mematikan fitur tersebut, silakan buka Pengaturan di Firefox, kemudian ketik Hardware Acceleration pada kolom pencarian. Nantinya opsinya akan tampil dan silakan dinonaktifkan. Setelah itu restart Firefox dan lihat perbedaannya.

Mematikan Fitur Hardware Acceleration

3. Gunakan Addon Tab Suspender

Addon bernama Tab Suspender memiliki kegunaan untuk menutup tab yang sekiranya tidak terpakai dalam waktu tertentu. Tujuannya adalah menambah memori RAM bebas supaya browser tidak sampai crash akibat kehabisan memori dari salah tab yang selalu kamu buka.

Contohnya dengan membuka Facebook, perlu puluhan hingga ratusan Mega Byte RAM dan kadang itu terus bertambah. Berbeda lagi jika ada beberapa tab yang kamu buka untuk berselancar di internet, pastinya RAM bisa habis 1GB hanya untuk browser saja.

Untuk itu, silakan gunakan Tab Suspender untuk membebaskan memori RAM pada tab yang tidak terpakai. Kamu bisa mengunduh Addon tersebut pada halaman Addon/Ekstensi Firefox.

Addon Tab Suspender Firefox

Baca juga: 2 Cara Menggunakan Proxy di Browser Chrome dan Firefox

Tak hanya Firefox saja yang dapat mengalami crash secara tiba-tiba, bahkan browser Chrome atau sebangsa Chromium pun juga bisa crash pada kondisi tertentu. Dan sebenarnya untuk meminimalisir dari kejadian itu bisa dilakukan dengan cara meng-upgrade RAM.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tambahan lain mengenai cara diatas, silakan tuliskan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap