≡ Menu

Solusi Mengatasi Layar Hitam pada OBS Studio

OBS Studio merupakan program recorder yang paling banyak digunakan oleh para streamer. Selain gratis, program ini juga memiliki banyak sekali fitur yang mudah untuk digunakan. Di OBS Studio juga bisa dipakai untuk merekam layar monitor komputer saat ini.

Walaupun di Windows 10 telah tersedia fitur untuk merekam layar dengan mudah, namun untuk keperluan streaming, tentunya OBS Studio akan membantu kamu lebih baik karena fiturnya yang banyak. Hanya saja pada beberapa orang mungkin mengalami kendala untuk kali pertamanya. Salah satunya adalah black screen (layar hitam) ketika dipakai untuk merekam layar.

Masalah layar hitam pada OBS Studio ini kebanyakan disebabkan karena program tidak berjalan menggunakan Integrated Graphics, sehingga jika memakai GPU satunya yang mana tidak dipakai untuk layar, pastinya hanya muncul hitam saja.

Solusi Layar Hitam pada Display Capture di OBS Studio

Sebenarnya solusinya sudah saya sebutkan diatas tadi, bahwa kamu hanya perlu membuka program OBS Studio memakai Integrated Graphics. Hanya saja untuk melakukan itu ada beberapa cara yang berbeda. Namun disini akan saya tunjukkan sebagian dari itu yang paling mudah untuk diikuti.

1. Mengatur pada NVIDIA Control Panel

Untuk yang pertama saya khususkan untuk pengguna GPU NVIDIA, sebab kebanyakan dialami oleh perangkat yang memakai GPU ini. Jadi silakan buka program NVIDIA Control Panel dan kemudian klik menu Manage 3D Settings.

Selanjutnya menuju tab Program Settings, lalu pada bagian Select a program to customize silakan pilih sebagai OBS Studio. Dan pada kolom dibawahnya atur sebagai Integrated Graphics.

Mengatasi OBS Studio Layar Hitam Display Capture

Sekarang coba buka kembali OBS Studio dan cek apakah layar sudah bisa tampil di program tersebut atau justru masih tetap hitam. Jika masih tetap hitam, silakan lanjut ke cara ke-dua dibawah ini.

Baca juga: Cara Merekam Internal Audio di Komputer dengan Mudah

2. Menyetel Performa Grafis

Jadi pada Windows 10 pun terdapat fitur layaknya di NVIDIA Control Panel, dimana kamu bisa mengatur program apa saja yang bisa berjalan dengan GPU pertama atau yang kedua. Silakan ikuti langkahnya dibawah ini:

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu System.

    Klik Menu System

  3. Lalu dibagian Display, gulir kebawah dan pilih menu Graphics Settings.

    Klik Menu Graphics Settings

  4. Pada bagian Choose an app to set preference silakan atur sebagai Classic App.

    Atur Sebagai Classic

  5. Kemudian klik tombol Browse.

  6. Silakan cari file program OBS Studio pada direktori instalasi. Secara default terdapat pada direktori berikut:

    C:\Program Files\obs-studio\bin\64bit\obs64.exe

  7. Jika OBS Studio telah ditambahkan, klik tombol Options.

    Klik Tombol Options

  8. Setelah itu atur sebagai Power Saving.

    Mengatasi Layar Hitam pada Display Capture di OBS Studio

Pada dasarnya mode Power Saving yang kamu pilih merupakan setelan untuk membuat program tersebut berjalan pada Integrated Graphics. Berbeda jika mengaturnya menjadi High Performance pastinya akan memakai GPU yang satunya.

Sekarang OBS Studio pasti sudah bisa mendeteksi layar komputer. Kamu bisa mencoba menambahkan ulang Display Capture untuk memastikannya dibagian preview. Jika layar langsung tampil, berarti kamu berhasil membuat OBS Studio berjalan pada Integrated Graphics.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • someone Desember 30, 2020, 7:39 am

    100% work

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap