Cara Live Streaming Youtube Melalui PC

Cara Melakukan Live Streaming Youtube Melalui PC

Selain membagikan konten video, biasanya para creator juga melakukan live streaming untuk menayangkan kegiatan yang sedang dilakukan kepada para subscriber. Entah itu bermain game, berwisata, atau hanya sekedar chit-chat.

Fitur live streaming di Youtube sudah ada sejak lama, dan sampai saat ini tidak ada batasan syarat dalam penggunaan layaknya monetisasi, alias segala channel bisa melakukan live streaming selama channel tersebut belum pernah melanggar ketentuan.

Apabila kamu hendak melakukan live streaming untuk pertama kalinya, pasti akan sedikit bingung dalam melakukannya. Dan disini akan saya bagikan langkah mudah untuk melakukannya. Jadi silakan simak terus artikel ini.

Menyiapkan Fitur Live Streaming di Youtube

Penggunaan live streaming untuk semua channel pertama kalinya akan ditunda selama 24 jam, katakanlah itu untuk proses penyiapan. Jadi kamu tidak bisa langsung melakukan live streaming apabila belum menyiapkan hal ini terhadap channel.

Cara menyiapkannya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke Youtube, dan kemudian klik ikon Buat dan setelah itu klik pada opsi Live Streaming. Berikut ini contoh gambarannya:

Menyiapkan Live Streaming di Youtube

Saat menuju halaman live streaming, kamu akan diminta untuk menunggu selama 24 jam sebelum memulai. Jadi tak ada cara lain kecuali menunggu 1 hari sampai hitungan waktu mundur berakhir pada halaman tersebut.

Memulai Live Streaming pada Youtube

Klik ikon Buat dan klik opsi Live Streaming. Setelah itu kamu akan diberi pilihan, untuk live menggunakan kamera langsung (webcam), atau memakai program lain.

Apabila memilih menggunakan webcam, pastikan kamu mengizinkan akses kamera dan mikrofon ketika sistem menanyakan itu. Dan jangan lupa isikan informasi detail live streamingnya, mulai dari judul, deksripsi, kategori, begitupula dengan thumbnail.

Mengisikan Informasi Detail Live Streaming

Ketika sudah menyetel pengaturannya, kini live streaming dapat kamu mulai saat itu juga.

Sedangkan apabila memakai program lain, misalnya OBS Studio, maka kamu diharapkan untuk menyalin Stream Key dan RTMP URL, yang mana kedua itu harus dimasukkan pada program live streaming yang akan digunakan.

Jika pada OBS Studio, kamu dapat mengaturnya pada bagian File > Settings > Stream, dan setelah itu isikan pada kolom yang tersedia disana dan simpan. Berikut contohnya:

Melakukan Live Streaming di Youtube Melalui OBS Studio

Apabila sudah diatur, kamu hanya perlu klik opsi Start Streaming pada program OBS Studio, dan setelah itu sistem Youtube akan memulai proses live streaming tersebut dan mem-broadcast ke seluruh subscriber.

Baca juga: Cara Live Tiktok di PC Tanpa Agensi Terbaru


Satu-satunya hal yang terpenting dalam melakukan live streaming adalah koneksi yang stabil. Sehingga para pemirsa dapat menyaksikan tayangan tanpa merasakan gambar buram sedikitpun. Adapun setelan pada program untuk membatasi resolusi supaya tidak terlalu tinggi supaya bisa menyesuaikan dengan kecepatan internet.

Sekali kamu bisa melakukan live streaming, maka selanjutnya akan mulai terbiasa. Dan tak hanya di Youtube saja, bahkan di segala layanan video selain Youtube, untuk melakukan live streaming pun prosedurnya juga sama.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.