Cara Mengakses Visual Studio Melalui Browser

Visual Studio adalah perangkat lunak buatan Microsoft yang digunakan untuk melakukan pengembangan terhadap aplikasi dan mendukung berbagai macam bahasa pemrograman. Baik itu membangun aplikasi untuk desktop atau untuk website, semua itu bisa dilakukan lebih mudah melalui Visual Studio.

Pada dasarnya Visual Studio dapat digunakan secara gratis, dan saat ini mendukung untuk operasi sistem Windows, Mac, dan Linux. Namun tahukah kamu jika Visual Studio juga bisa diakses secara online melalui browser?

Microsoft menyediakan akses untuk menggunakan Visual Studio melalui browser, dengan begitu pengguna bisa mengalihkan kodenya dimanapun berada, bahkan meski tidak di komputer pribadinya. Selain hanya Microsoft, sebenarnya adapula alat lain yag bisa dipakai layaknya Visual Studio, dan itu akan dibagikan di artikel ini.

Akses Visual Studio Secara Online di Browser

Ada tiga cara yang akan dibahas disini, dan semua itu aman untuk diterapkan. Walau mengalihkan kode melalui browser memang kurang effisien, namun ini bisa dijadikan alternatif apabila suatu saat kamu mengalami kendala dimana tidak bisa mengakses program Visual Studio, atau tidak sedang berada di komputer pribadi, dan memilih untuk menggunakan alat online ini.

1. VSCode dot Dev

Website VSCode.dev disediakan oleh Microsoft untuk membantu para developer untuk mengalihkan kode dimanapun mereka berada. Website tersebut memiliki tampilan yang nyaris sama seperti pada program VSCode dan navigasinya pun juga sama.

Visual Studio Online dari Microsoft

Setiap kode yang dialihkan bisa disimpan dengan cara menyinkronisasi akun Microsoft atau Github. Dengan begitu kamu takkan kehilangan apapun yang kamu ketik disana selama fitur sinkronisasi telah diaktifkan.

Pengguna bebas memasang tema apapun, dan selain itu terdapat beberapa batasan dalam menggunakannya. Salah satunya tidak disediakan akses ke terminal, atau batasan terhadap pemasangan ekstensi tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja buka situs web VSCode.dev dan mulai jelajahi setiap fitur didalamnya.

2. Code-Server

Jika kamu ingin membuat sendiri situs web seperti VSCode dot Dev namun tanpa ada batasan, maka menggunakan code-server adalah hal yang tepat. Code-Server adalah aplikasi website layaknya VSCode yang dikembangkan oleh Coder dan bisa digunakan secara gratis.

Code-Server untuk Mengakses Visual Studio Pribadi Secara Online

Untuk memasangnya, silakan siapkan terlebih dahulu VPS Linux Ubuntu/Debian, dan setelah itu jalankan perintah dibawah ini untuk memasangnya:

curl -fsSL https://code-server.dev/install.sh | sh

Setelah proses pemasangan selesai, kamu dapat mengaksesnya di browser melalui port 8080, jadi pastikan port 8080 terbuka supaya dapat diakses tanpa ada masalah.

Untuk dokumentasi lengkap terkait pemasangan dan lain-lain terhadap code-server, silakan langsung menuju situs web Coder.

Baca juga: 5 Manfaat dari Menggunakan Remote Desktop (RDP)

3. Github Codespaces

Walau Microsoft telah menyediakan akses VSCode di browser secara gratis, namun tampaknya di Github, yang mana satu perusahaan dengan Microsoft menyediakan akses Visual Studio online dengan beberapa kelebihan.

Kelebihannya adalah Visual Studio itu berjalan pada server cloud, sehingga cepat untuk diakses dan pengguna bebas memilih spesifikasi VM sesuai kebutuhan. Namun ketahui bahwa Github Codespaces ini tidak gratis.

Github Codespace

Dengan harga yang ditawarkan, menurut saya itu sepadan dengan kualitas yang diberikan. Sangat cocok untuk digunakan dalam mengerjakan projek dengan team. Jika kamu tertarik untuk mencoba, silakan menuju website Github Codespaces


Jadi antara ketiga itu, manakah yang ingin kamu gunakan nantinya? Jika menurut saya VSCode dot Dev sudah cukup, tapi jika ingin fitur yang lebih advanced lagi untuk menghilangkan batasan, maka kamu bisa menggunakan antara Code-Server atau membeli paket di Github Codespaces.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.