≡ Menu

Cara Mudah Mengatasi Browser Firefox yang Bermasalah

Cara Mudah Mengatasi Browser Firefox yang Bermasalah

Siapa yang tidak kenal dengan browser Mozilla Firefox, itu adalah salah satu peramban populer yang telah hadir sejak lama dan terus berkembang hingga saat ini. Terdapat banyak kelebihan semenjak Firefox merilis versi Quantum, contohnya adalah kecepatan browsing yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun tak ada yang dapat mengetahui bahwa segala browser bisa saja bermasalah, baik itu tidak bisa membuka suatu situs web, akses navigasi yang lambat, atau masalah yang lainnya. Tapi kamu tak usah khawatir, karena segala masalah pada Firefox dapat diatasi dengan mudah.

Jadi apabila kamu saat ini sedang memiliki kendala terhadap browser Mozilla Firefox silakan untuk mengikuti langkah mudah mengatasinya dibawah ini. Pastikan untuk melakukannya mulai dari yang pertama supaya hasilnya efektif.

1. Hapus Seluruh Data Browsing di Firefox

Data browsing yang menumpuk dapat menyebabkan peramban menjadi lambat ketika dibuka atau digunakan. Maka dari itu dengan menghapus data browsing secara rutin akan jauh lebih baik. Untuk menghapusnya, silakan ikuti tutorialnya pada artikel berjudul “Menghapus Data Browsing Firefox”.

2. Matikan Seluruh Add-Ons

Addon atau pengaya yang bermasalah juga dapat mempengaruhi browser lho. Entah itu akibat masalah update addon yang tidak berjalan sempurna, atau hal-hal yang lainnya. Akan tetapi kamu bisa mencoba untuk mematikan seluruh addons tersebut untuk memastikannya lebih lanjut.

Caranya sangat mudah, silakan klik tombol menu, kemudian klik Pengaya, setelah itu matikan seluruh addons yang sedang aktif di browser. Dan jika sudah, silakan restart Firefox dan lihat hasilnya. Apakah kini browser telah normal?

3. Aktifkan Safe Mode pada Mozilla Firefox

Firefox memiliki fitur Safe Mode yang berguna untuk membuka peramban secara aman tanpa ada kendala. Fitur ini tersembunyi dan bahkan tidak bisa ditemukan pada pengaturan. Jadi untuk menuju ke mode tersebut, silakan ketik perintah dibawah ini pada address bar.

about:support

Setelah itu halaman akan terbuka dan kamu bisa menekan tombol pada bagian Coba Mode Aman. Nantinya browser akan memulai ulang dan seluruh pengaya juga akan dinonaktifkan sementara. Pada saat ini, kamu bisa mengetahui apakah browser tersebut telah normal. Dan jika benar normal, berarti kendalanya memang berada dari salah satu pengaya yang ada di browser tersebut.

4. Gunakan Fitur Refresh Firefox

Adapun fitur refresh yang disediakan oleh Firefox yang mana kegunaannya nyaris sama seperti melakukan instal ulang. Fitur tersebut tersedia pada opsi uninstall aplikasi di Windows.

Untuk mengakses fitur ini silakan menuju Windows Settings > Apps > Firefox > Uninstall. Kemudian tekan tombol Segarkan Firefox dan ikuti prosedurnya.

Mengatasi Browser Firefox yang Bermasalah

Setelah prosesnya telah selesai, silakan buka browser Firefox kembali, pasti kini segala masalah telah hilang karena semuanya telah diperbarui menjadi semula layaknya baru saja memasang browser.


Baca juga: 2 Cara Menggunakan Proxy di Browser Chrome dan Firefox

Itu saja beberapa cara untuk mengatasi masalah pada browser Firefox. Kebanyakan orang mengalami hal ini akibat terdapat pengaya atau addon yang sedang bermasalah. Namun dengan mematikan addon yang berkendala tersebut, pastinya Firefox akan kembali normal lagi.

Oh iya, selain beberapa hal diatas, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur update otomatis. Sehingga apabila masalah yang terjadi pada sistem Firefox, itu pasti akan langsung diperbaiki pada pembaruan mendatang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap