≡ Menu

Cara Menghapus Riwayat Browsing pada Microsoft Edge

Cara Menghapus Riwayat Browsing pada Microsoft Edge

Riwayat Browsing yang menumpuk hanya akan membuat suatu browser menjadi berat ketika diakses dan juga menipisnya ruang penyimpanan pada drive. Walau itu hanya sebatas riwayat browsing, namun bukan cuma sekedar URL saja yang tersimpan, melainkan data yang pernah tertulis di formulir situs dan juga cache halaman.

Dulunya semua browser memiliki cara yang sama dalam menghapus riwayat browsing (menggunakan shortcut). Namun seiring berjalannya waktu, sebagian browser memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghapusnya.

Namun di browser Microsoft Edge tampaknya masih mempertahankan shortcut atau jalan pintas untuk menghapus riwayat browser tersebut. Sehingga pengguna dapat melakukannya dengan cepat tanpa harus membuka pengaturan.

Bagaimana Menghapus Riwayat Browsing di Microsoft Edge?

Ada dua metode yang bisa kamu ikuti untuk menghapus riwayat browsing tersebut. Yang pertama adalah menggunakan shortcut, yang mana menurut saya ini adalah cara yang paling cepat. Dan satunya lagi adalah melalui pengaturan. Kamu dapat memilih cara mana saja yang dirasa mudah.

1. Menggunakan Shortcut (Pintasan)

Tak banyak yang harus dilakukan, karena yang diperlukan adalah menekan kombinasi tombol pada keyboard saja. Jadi silakan tekan tombol berikut ini:

CTRL++SHIFT+DELETE

Nantinya dialog konfirmasi untuk menghapus riwayat browsing akan muncul. Disini kamu akan diberikan beberapa pilihan untuk menghapusnya. Dari jangka waktu, hingga data apa saja yang ingin dihapus.

Menghapus Riwayat Browsing di Microsoft Edge

Jika sudah memilih data apa saja yang akan dihapus, silakan klik tombol Clear Now dan tunggu prosesnya sampai selesai.

2. Melalui Pengaturan

Ini merupakan cara manual yang memiliki tujuan yang sama seperti cara pertama diatas. Siapa tahu suatu saat Microsoft Edge juga meninggalkan shortcut tersebut, sehingga satu-satunya cara adalah melakukannya langsung dari pengaturan. Begini caranya:

  1. Klik tombol menu (titik tiga).

    Klik Tombol Menu

  2. Kemudian pilih menu Settings.

    Klik Menu Settings

  3. Selanjutnya klik pada menu Privacy, Search, and Services.

    Klik Menu Privasi di Microsoft Edge

  4. Gulir kebawah sampai bagian Clear Browsing Data dan klik tombol Choose What to Clear.

    Menghapus Riwayat Browsing pada Microsoft Edge

  5. Dialog untuk menghapus riwayat browsing akan muncul.

Sama seperti cara pertama diatas, ketika dialog konfirmasi muncul, kamu bebas memilih data apa saja yang ingin dihapus. Tidak masalah juga untuk menghapus seluruh data, justru itu lebih baik dan tidak membuat data browser menumpuk.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Internet Explorer pada Windows 10

Menghapus Riwayat Browsing Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dari dua metode diatas, ada juga lho cara alternatif yang juga termasuk efektif dalam menghapus riwayat browsing pada perangkat. Yakni menggunakan aplikasi penghapus sampah, salah satu yang terbaik adalah Ccleaner.

Aplikasi tersebut memiliki fitur untuk menghapus riwayat browsing dari segala browser yang terpasang pada komputer/laptop. Sehingga kamu dapat memilih langsung data apa saja yang ingin dihapus.

Menggunakan aplikasi penghapus sampah yang lainnya memungkinkan memiliki kinerja yang sama. Dimana pengguna dapat melakukannya lebih mudah ketimbang cara manual. Tapi selama cara pertama masih berfungsi, maka saya lebih memilih itu daripada memasang aplikasi tambahan hanya untuk menghapus riwayat browsing.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap