≡ Menu

Cara Mematikan Indikator Lampu LED di Samsung

Cara Mematikan Indikator Lampu LED di Samsung

Indikator LED yang berada di beberapa ponsel Samsung Galaxy memiliki kegunaan sebagai pengingat adanya notifikasi yang belum sempat dibaca. Biasanya lampu LED akan berkedip secara terus-menerus sampai pengguna membuka ponsel dan melihat notifikasi tersebut.

Terkadang seseorang merasa risih terhadap indikator lampu tersebut. Bahwasanya indikator tersebut terus menerus berkedip tanpa henti. Dan Samsung sendiri pun telah menyediakan opsi untuk menonaktifkannya.

Indikator lampu LED tidak hanya berfungsi untuk pengingat notifikasi saja, tapi juga sebagai pengingat baterai habis (merah) atau penuh (hijau) ketika di-charging. Selain itu di beberapa aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk mengubah warna lampu indikator sesuka hati.

Menonaktifkan Indikator Lampu LED pada Samsung

Tak perlu panjang lebar lagi, berikut ini cara singkat mematikan indikator LED pada ponsel Samsung:

  1. Silakan buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Pemberitahuan.

    Ketuk Menu Pemberitahuan

  3. Gulir kebawah dan nonaktifkan pada bagian Indikator LED.

    Mematikan Indikator Lampu LED di Samsung

Cara diatas diterapkan pada One UI versi 2.1, tapi kemungkinan terdapat perbedaan pada versi diatasnya. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan cara alternatif dibawah ini untuk menuju setelan indikator lampu LED apabila dengan cara diatas kamu tidak menemukannya.

  • Pengaturan > Tampilan > Indikator LED
  • Pengaturan > Suara dan Pemberitahuan > Indikator LED

Pengganti Indikator LED

Pada dasarnya ponsel Samsung seri Galaxy “Note” dan “S” yang terbaru sudah tidak lagi menggunakan lampu LED karena tidak memiliki ruang pada layar depan. Jadi itu digantikan dengan Edge Lightning sebagai pengingat.

Sedangkan Edge Lightning pun sebenarnya sudah hadir sejak lama dan juga bisa diaktifkan secara bersamaan dengan indikator LED. Jadi apabila kamu ingin pengingat yang terbilang lebih keren dari indikator LED, saya sarankan untuk mengaktifkan Edge Lightning.

Untuk mengaktifkannya sangatlah mudah, silakan menuju menu sebagai berikut:

Pengaturan > Tampilan > Edge Screen > Edge Lightning

Disana kamu dapat mengkustomisasi setelan dari Edge Lightning, seperti gaya, warna, waktu muncul, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Always On Display pada Samsung

Kesimpulan

Kegunaan indikator lampu LED bagi sebagian orang tergolong penting sebagai pengingat yang mudah tanpa perlu membuka layar ponsel. Sedangkan sebagian lagi menganggap itu cukup menganggu karena berkedip terus menerus akibat ponselnya selalu memiliki notifikasi terbaru, seperti contohnya chat atau pesan SMS.

Diatas tersedia dua cara alternatif apabila kamu tidak menemukan opsi Indikator LED pada bagian Pemberitahuan. Sebab pada Note 10, opsi tersebut ada pada bagian Tampilan. Kemungkinan besar karena perbedaan dari versi One UI.

Dan ketahui juga bahwa tidak banyak ponsel Android yang memiliki indikator lampu LED. Bahkan di ponsel Samsung seri galaxy saja hanya ada sekitar 20 tipe ponsel yang mendukungnya. Begitupula dengan fitur Edge Lightning yang hanya dihadirkan pada ponsel Samsung yang memiliki layar melengkung.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap