≡ Menu

Tutorial Instalasi OpenVPN di Ubuntu 18.04 Hanya 5 Menit

Tutorial Instalasi OpenVPN di Ubuntu 18.04 Hanya 5 Menit

Saat memasuki artikel ini, sepertinya kamu sudah mengerti apa itu OpenVPN dan kegunaannya. Jika kamu ingin membuat OpenVPN pribadi, maka yang dibutuhkan adalah server atau VPS yang memiliki kecepatan internet yang tinggi.

Selain itu, spesifikasi server yang dibutuhkan juga tidak perlu tinggi. Bahkan dengan RAM 512 pun juga kuat untuk menjalankan OpenVPN sebagai server. Tapi jika kamu mencari tutorial di internet mengenai proses instalasi OpenVPN, sepertinya banyak sekali yang membagikan langkahnya dengan sangat panjang, yang mana itu sedikit membosankan apabila mengatur untuk banyak server sekaligus.

Tapi disini akan saya berikan langkah yang terbilang cepat dan praktis dalam menginstal OpenVPN khusus di Ubuntu versi 18.04. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja, kamu sudah bisa menikmati OpenVPN Pribadi tanpa ada kendala sedikitpun.

Menginstal OpenVPN di Ubuntu 18.04

Sebelum memulainya, sebaiknya untuk menyiapkan server VPS dengan OS Ubuntu 18.04 terlebih dahulu. Dan saya sendiri menggunakan VPS dari Amazon untuk membuatnya. Selain itu, tutorial yang dijelaskan disini langsung memanfaatkan terminal saja, tanpa perlu mengelola sesuatu pada desktop.

Langsung saja, ikuti langkah-langkah menginstal OpenVPN dibawah ini:

1. Download openvpn-install.sh

Dengan memakai script bash, proses instalasi bisa dilakukan sangat cepat. Berikut ini perintah untuk mengunduh file tersebut:

wget https://git.io/vpn -O openvpn-install.sh

Nantinya akan muncul file bernama openvpn-install.sh pada direktori kamu berada saat ini.

2. Memulai Proses Instalasi OpenVPN

Gunakan perintah dibawah ini untuk memulai instalasi:

sudo bash openvpn-install.sh

Maka akan tampil beberapa pertanyaan untuk mengatur konfigurasi OpenVPN. Itu meliputi IP Publik, Protokol, Port, DNS, dan juga nama client. Berikut ini contoh gambarannya:

Proses Instalasi OpenVPN di Ubuntu 18.04

Setelah selesai mengatur konfigurasi, proses instalasi package akan dimulai dan dilanjutkan menyetel konfigurasi secara otomatiS.

3. Salin Konfigurasi OVPN dan Jalankan

Saat proses instalasi telah selesai, konfigurasi dengan format OVPN pada dasarnya akan langsung tersimpan pada direktori utama, yaitu pada ~/ atau /home/username/

Jadi disana akan muncul file dengan format OVPN, silakan gunakan itu untuk menjalankan OpenVPN pada perangkat client.

Apabila OpenVPN dapat terhubung dengan baik, berarti kamu telah berhasil menginstal OpenVPN pada Ubuntu 18.04.

Dan sebagai tambahan, kamu dapat menambah. menghapus client, dan sebagainya dengan menggunakan perintah sudo bash openvpn-install.sh.

Solusi OpenVPN Tidak Mau Terhubung

Ada kalanya pada sisi client mengalami kendala, dimana koneksi ke server tidak dapat tersambung dengan baik. Dan kebanyakan dari itu adalah masalah firewall yang ada pada VPS. Jadi silakan buka port yang dipakai pada OpenVPN supaya dapat digunakan, itu bisa dilakukan melalui pengaturan firewall pada VPS yang diguankan.

Untuk setelan iptables tidak ada yang perlu diubah atau ditambahkan, karena script bash diatas telah menyetelnya otomatis dengan sangat baik.

Beberapa orang kadang juga mengalami kendala dimana OpenVPN dapat terhubung, akan tetapi tidak memiliki koneksi internet. Hal ini kemungkinan besar disebabkan akibat masalah routing pada iptables. Dan saya lebih menyarankan untuk menginstal ulang.

Baca juga: Cara Membuat SOCKS5 Proxy di VPS Ubuntu

Kesimpulan

Dibanding memasang OpenVPN secara manual, justru menggunakan cara diatas jauh lebih cepat. Jadi sangat cocok bagi kamu yang ingin memasang OpenVPN untuk banyak server sekaligus, karena sangat praktis.

Adapun pengguna lain yang mengembangkan script bash yang nyaris sama, atau mungkin semacam modifikasi. Script tersebut menghadirkan fitur yang lebih banyak. Jika kamu tertarik, berikut ini URL script tersebut.

https://raw.githubusercontent.com/angristan/openvpn-install/master/openvpn-install.sh

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial instalasi OpenVPN diatas, silakan lontarkan pertanyaan pada kolom komentar untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment