≡ Menu

Cara Menonaktifkan Internet Explorer pada Windows 10

Cara Menonaktifkan Internet Explorer pada Windows 10

Pada tahun 2020, Microsoft telah mengumumkan bahwa Internet Explorer akan segera diberhentikan dan tidak lagi mendapatkan pembaruan dari sisi keamanan dan lainnya. Namun itu akan tergantikan dengan browser yang lebih baru, yakni Microsoft Edge.

Kurang lebihnya pemberhentian tersebut dilakukan pada sekitar bulan Maret tahun 2021. Hal tersebut dilakukan karena Internet Explorer merupakan peramban yang tergolong lawas dan kurang modern untuk mengakses situs di internet. Dan bahkan beberapa situs web tidak mendukung untuk diakses dari browser tersebut.

Pada Windows 10 pun masih terdapat Internet Explorer yang terpasang secara default, begitu pula Microsoft Edge. Namun sebenarnya kamu juga bisa menonaktifkannya supaya tidak banyak browser yang digunakan.

Tutorial Menonaktifkan Internet Explorer di Windows 10

Sehubungan browser ini merupakan bawaan Windows 10, jadi tidak bisa langsung di-uninstall melalui pengaturan layaknya program yang lain. Tapi kamu dapat menonaktifkannya melalui fitur Windows. Silakan simak caranya dibawah ini.

  1. Buka pencarian Windows.
  2. Ketik Windows Features dan kemudian ENTER.

    Buka Windows Features

  3. Hilangkan centang pada Internet Explorer 11.

    Menonaktifkan Internet Explorer pada Windows 10

  4. Akan muncul dialog peringatan, silakan klik tombol Yes.

    Klik Yes pada Dialog Peringatan

  5. Lalu klik tombol OK.
  6. Tahap terakhir, silakan restart perangkat.

Setelah memulai ulang perangkat, pastinya Internet Explorer akan menghilang dan tidak bisa lagi digunakan kecuali kamu mengakifkannya kembali pada fitur Windows. Atau kamu dapat mengecek pada folder Program Files di drive instalasi Windows, pastinya folder Internet Explorer tidak akan ada lagi.

Baca juga: Cara Memindahkan Data Browser dari Chrome ke Firefox

Kesimpulan

Dari banyak browser yang tersedia saat ini, Internet Explorer merupakan salah satu yang kurang diminati oleh banyak orang. Untuk itulah mengapa menonaktifaknnya lebih baik daripada tidak digunakan sama sekali.

Bahkan beberapa orang kadang masih menggunakannya hanya untuk mengunduh browser yang lain. Tapi berbeda dengan Microsoft Edge, tampilannya lebih bagus dan modern, fiturnya pun juga tidak kalah dengan browser yang lainnya.

Jadi bagaimana menurutmu? Apakah masih ingin tetap mempertahankan Internet Explorer atau justru ingin menonaktifkannya? Tentunya itu menjadi pilihanmu sendiri.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment